Mudik Dilarang, Pelabuhan Gilimanuk Lengang

Nyoman Sudika, iNews.id · Minggu 26 April 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 26 244 2205094 mudik-dilarang-pelabuhan-gilimanuk-lengang-hpTV1gee8p.jpg Pelabuhan Gilimanuk lengang pasca-mudik dilarang untuk mencegah Covid-19 (Foto: iNews TV)

JEMBRANA - Pelarangan mudik berimbas terhadap aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Minggu (26/4/2020) siang. Suasana di Pelabuhan Gilimanuk lengang, seperti di pintu masuk pelabuhan, rata-rata kendaraan barang.

Suasana lengang juga terlihat di jalur sepeda motor. Hanya beberapa warga saja terlihat membeli tiket elektronik di jalur sepeda motor.

Umumnya, warga yang menyebrang ke Pulau Jawa, mereka yang sudah tidak bekerja lagi di Bali. Mereka terpaksa pulang kampong, meski daerah asalnya termasuk zona merah.

Tofik, warga Semarang, misalnya mengaku terpaksa pulang karena sudah berhenti bekerja di Bali. sepinya penumpang membuat suasana di dalam Pelabuhan Gilimanuk lengang, hanya terlihat kendaraan barang yang melintas di areal pelabuhan.

Pelabuhan Gilimanuk

Sepinya penumpang juga terjadi dari arah Ketapang. Kapal yang sandar hanya memuat beberapa kendaraan barang dan sepeda motor.

Baca Juga: Nekat Mudik, 463 Kendaraan Diminta Putar Balik di Pintu Masuk Jateng

Sementara itu, aparat Polres Jembrana melakukan penyeleksian terhadap warga yang akan mudik ke Pulau Jawa melalui tiga pos penyekatan.

Kasat Lantas Polres Jembrana Iptu Shinta Ayu Pramesti mengatakan, polisi melarang pemudik ke Pulau Jawa dengan tujuan daerah yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan daerah yang zona merah Covid-19.

Penyeleksian bagi pemudik ini berimbas terhadap jumlah pemudik yang diminta kembali. Jika hari pertama penyekatan, Jumat 24 April 2020, jumlah warga yang dikembalikan cukup banyak, yakni mencapai 456 orang, dengan 81 unit kendaraan roda dua, 26 unit mobil pribadi atau KK, serta 10 bus.

Pelabuhan Gilimanuk

Sedangkan pelaksanaan hari kedua penyekatan, jumlah kendaraan yang diminta kembali turun drastis. Data di Satlantas Polres Jembrana, Sabtu 25 April 2020 hanya mengembalikan 5 unit sepeda motor, 1 unit mobil KK dan 8 orang. Bagi pemudik yang tidak berasal dari daerah PSBB dan zona merah masih diizinkan melanjutkan perjalanan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini