Heboh, Dua Pasien Positif Covid-19 di Ogan Ilir Keluar Rumah Sakit

Era Neizma Wedya, iNews · Rabu 20 Mei 2020 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 610 2216807 heboh-dua-pasien-positif-covid-19-di-ogan-ilir-keluar-rumah-sakit-qH58wXhe8F.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

OGAN ILIR - Dua pasien positif virus corona (Covid-19) di Kabupaten Ogan Ilir (OI) keluar dari rumah sakit. Perbuatan dua pasien ini terekam kamera warga yang sedang melintas, videonya beredar dan viral di media sosial (medsos) hingga membuat heboh.

Diketahui kedua pasien tersebut nampak seperti warga biasa yang tengah bersantai di kawasan komplek KPT Tanjung Senai. Namun yang membuat terkejut adalah perkataan orang yang merekam video itu yang sedang berada di dalam mobil.

"Nah pasien Covid kabur dua ikok (orang). Keluar dio," ujar suara tersebut.

Direktur RSUD Ogan Ilir dr. Roretta Arta Guna Riama membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan pasien itu sempat keluar dari RSUD Ogan Ilir pada Senin (18/5/2020) kemarin.

"Mereka pasien secara fisik sehat tapi positif (terkonfirmasi COVID-19). Kalau orang sehat fisik seperti itu memang tidak mau diperlakukan seperti orang sakit, tapi kita yang dibikin sibuk," ujarnya.

Dijelaskan juga segera setelah itu mereka langsung digiring kembali ke RSUD Ogan Ilir untuk diisolasi. Ia menambahkan, ruang untuk isolasi itu memang tidak dikunci karena alasan kemanusiaan.

"Memang tidak ada ruangan yang berkunci, rasanya kita tidak manusiawi. Tapi kami arahkan lagi mereka bermobil," tambahnya.

Ia menuturkan pasien terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir. Supaya tidak terjadi lagi hal yang tak diinginkan, pihaknya mengusulkan untuk menambah satu posko Gugus Tugas COVID-19 di Ogan Ilir.

"Rencananya akan kita dirikan di halaman RSUD Ogan Ilir, mudah-mudahan besok selesai," ungkapnya.

Saat ini pasien terkonfirmasi positif yang berada di Kabupaten Ogan Ilir ada tiga orang. Sedangkan sisanya ada yang sudah dikirim ke Wisma Atlet Palembang dan ada juga yang diisolasi mandiri di rumah masing-masing.

Baca Juga: Perempuan Berusia 70 Tahun di Ogan Ilir Berhasil Sembuh dari Covid-19 

"Awalnya ada 10 orang yang diisolasi mandiri di desanya karena mereka masih keluarga besar. Sudah kita beri obat, cek kesehatan, laboratorium dan lain-lain serta petugas akan memantaunya terus," jelasnya.

Sedangkan menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Ogan Ilir Wahyudi Wibowo, video itu benar adalah pasien yang terpapar positif COVID-19 yang dirawat di RSUD OI.

’’Saat ini memang masih ada tiga pasien yang dirawat di RSUD OI dan salah satunya yang sempat berkeliaran alias keluar dari RSUD di KPT Tanjung Senai, seperti di video itu,’’ jelasnya.

Baca Jua: Sempat Acungkan Arit, Satu Keluarga Pasien Positif Covid-19 di Ogan Ilir Menolak Dievakuasi 

Pasien tersebut keluar akibat kurangnya pemahaman pasien terhadap bahaya virus corona. “Pasien ini merupakan OTG (orang tanpa gejala), hasil tracking dan dilanjutkan dengan tes swab dia terkonfirmasi positif dan harus dirawat di RSUD,’’ jelasnya.

Untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang, pihak RSUD sudah mengantisipasi dengan peningkatan penjagaan dan keamanan.

“Kita sudah meminta batuan personil dari Timgus COVID-19 Kabupaten OI,” ungkapnya.

Dijelaskan Wahyudi, dari 27 pasien terkonfirmasi COVID-19, saat ini 24 orang sudah dirujuk ke Wisma Atlet Jakabaring, sementara tiga orang pasien masih dirawat di RSUD Ogan Ilir di Tanjung Senai.

“Untuk update pada Selasa 19 Mei 2020 jumlah pasien positif COVID-19 bertambah satu orang, sehingga total ada 41 orang,’’ tutupnya.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini