nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Pasang Pengantin Menikah di Tengah Pandemi Virus Corona

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 23:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 22 519 2218278 ratusan-pasang-pengantin-menikah-di-tengah-pandemi-virus-corona-4zDyEHwCIg.jpg Pasangan menikah di tengan pandemi covid-19 (foto: Okezone.com/Avirista)

BOJONEGORO - Meski di tengah pandemi virus corona, tak membuat ratusan pasangan calon pengantin di Bojonegoro mengurungkan niatnya melakukan tradisi menikah di malam 29 Ramadan.

Tercatat dari data Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro, sebanyak 457 pasangan melangsungkan pernikahan di malam 29 Ramadan atau pada Kamis 21 Mei 2020 malam.

Plt Kasi Binmas Kemenag Kabupaten Bojonegoro, Muhlisin Mufa mengatakan, tradisi akad nikah malam songo masih terus dibudayakan meski ada pandemi corona. Kebanyakan dari pasangan pengantin tersebut telah jauh - jauh hari merencanakan pernikahan di malam 29.

"Banyak yang menikah malam songo ini di wilayah Bojonegoro timur seperti Kecamatan Sumberrejo, Baureno, dan Kedungadem," ujar Muhlisin, Jumat (22/5/2020).

 Menikah

Pasangan terbanyak di Kecamatan Sumberrejo dengan 61 pasang melangsungkan pernikahan di malam songo Ramadan. Sedangkan di Kecamatan Baureno sebanyak 55 pasangan pengantin, Kecamatan Balen dengan 41 pasangan, serta di Kecamatan Dander ada 35 pasangan.

Muhlisin menjelaskan, banyaknya masyarakat yang melangsungkan pernikahan di malam songo ini lantaran ada keyakinan berkah dan kesakralan yang muncul di malam 29 Ramadan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini