nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus OTG Positif Covid-19 di Jatim Meningkat, Ini Tanggapan Gubernur Khofifah

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 23 Mei 2020 17:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 23 519 2218611 kasus-otg-positif-covid-19-di-jatim-meningkat-ini-tanggapan-gubernur-khofifah-7vpYH24iCy.jpg (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) positif Covid-19 atau virus corona di wilayahnya semakin lama makin meningkat.

"Hari ini OTG positif makin naik contoh Jatim sebulan 21 persen, naik 26 persen, dua hari belakangan sudah 34,2 persen," kata Khofifah dalam siaran video yang disiarkan Gugus Tugas Nasional secara live streaming di Gedung Graha BNPB Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

OTG, kata Khofifah, merupakan hal yang harus dicegah semaksimal mungkin. Mengingat, kebanyakan dari penderitanya sama sekali tidak menunjukan gejala medis terkait Covid-19.

"Artinya yang tidak ada gejala flu pilek, sesak, nafas demam tidak, tapi ternyata, dia carier kita jaga diri dan keluarga," ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah menegaskan, mencegah meluasnya OTG adalah dengan tidak melakukan mudik atau pulang kampung ke kampung halaman, khususnya di Jawa Timur.

Apalagi, kata Khofifah, para perantau yang berasal dari kawasan episenter corona atau zona merah, sebaiknya mengurungkan niatnya untuk balik kampung.

"Karena kita yang ada di daerah episentrum Covid maka posisi kita ODR atau orang dengan risiko, ini kemudian kembali ke kampung atau mudik potensial sebarkan tularkan siapa saja yang kita temui kalau kita OTG," tutup Khofifah.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini