Puluhan Napi Narkoba di Pindah ke Nusakambangan, 10 Diantaranya Jalani Hukuman Mati

Heri Susanto, iNews · Jum'at 05 Juni 2020 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 512 2224981 puluhan-napi-narkoba-di-pindah-ke-nusakambangan-10-diantaranya-jalani-hukuman-mati-DS1rZeTbTX.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

CILACAP - Sebanyak 41 napi kasus narkoba dari sejumlah Lapas di Indonesia, di pindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (5/6/2020) dini hari.

Napi yang dipindahkan ke Lapas Nusakambangan terdiri, 21 napi dari Lapas Kelas 1 Cipinang, 7 napi Rutan Kelas 1 Salemba, 3 napi dari Lapas Narkotika Kelas II Jakarta, 4 narapidana Lapas Kelas 1 Tanggerang, 1 napi dari Lapas Kelas 2 Cilegon, 4 napi dari Lapas Kelas 2 Pemuda Tanggerang, dan satu narapidana dari Lapas Kelas II Serang.

Proses pemindahan ini mendapat penjagaan dari aparat Kepolisian Polda Jateng dan Polres Cilacap. Puluhan narapidana itu tiba di Nusakambangan pada jumat dinihari sekitar pukul 04.00 WIB, setelah dibawa dari lapas masing-masing.

"Ada sebanyak 41 narapidana bandar narkoba yang di pindahkan. Dari 41 narapidana itu, 10 diantaranya hukuman mati, 11 hukuman seumur hidup," kata Direktur Jenderal Permasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Brigjen Reinhard Silitonga di Dermaga Wijayapura kepada wartawan, Jumat (5/5/2020).

 

Reinhard menambahkan, pemindahan ini melalui penilaian atau assasment narapidana dari Kanwil DKI Jakarta dan Kanwil Banten. Selain assasment, pemindahan ini berdasarkan informasi dari Bareskrim Polri, BNN dan Kejaksaan Agung.

Di Nusakambangan puluhan bandar narkoba kelas kakap tersebut akan menempati Lapas Kelas 1 Batu dan Lapas Kelas 2 Karanganyar.

"Di harapkan pemindahan ini menekan peredaran narkoba di tanah air, karena narapidana ini menempati Lapas Super Maksimum Sekuryti dengan tingkat pengamanan yang tinggi, sehingga tidak dapat berinteraksi dengan orang di luar penjara" ujarnya.

Untuk selanjutnya, secara bertahap narapidana terutama kasus narkoba akan di pindahkan ke Nusakambangan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini