Gunung Api di Ekuador Meletus, Sejumlah Kota Diselimuti Debu

Agregasi Sindonews.com, · Rabu 10 Juni 2020 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 18 2227394 gunung-api-di-ekuador-meletus-sejumlah-kota-diselimuti-debu-nCaZcvnNgH.jpg Letusan gunung berapi (foto: Ist)

GUAYAQUIL – Sejumlah kota di wilayah Amazon Ekuador hari ini diselimuti debu vulkanik akibat letusan gunung berapi. Gunung berapi Sangay meletus selama setahun dan mengakibatkan sedikit dampak karena lokasinya yang terpencil.

Warga khawatir debu itu mengakibatkan dampak kesehatan akibat letusan gunung Sangay. Dalam beberapa waktu terakhir, pola angin membawa debu itu menuju wilayah pantai dan mempengaruhi sejumlah kota, termasuk Guayaquil.

Geophysical Institute of Ecuador merujuk pada provinsi lokasi Guayaquil menyebut, “Debu vulkanik keluar dari Sangay dan menyebar ke provinsi Guayas dan kita melihat debu itu tiba dekat Guayaquil,” papar Benjamin Bernard.

Lembaga itu menyatakan letusan masih akan terjadi dalam beberapa hari mendatang tapi diperkirakan tak akan terjadi letusan besar.

Bandara Guayaquil menghentikan penerbangan untuk membersihkan landasan pacu dan otoritas mulai membersihkan debu di tempat publik untuk menghindari potensi masalah pernapasan.

Jalanan ditutup dari lalu lintas di beberapa wilayah di provinsi Los Rios dan Chimborazo. “Sekarang kita harus memakai masker tidak hanya karena virus corona tapi juga karena debu yang menyelimuti seluruh Guayaquil,” papar Karen Figueroa, 30, yang membersihkan debu dari depan rumahnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini