Warga Jember Digegerkan Penemuan Bangunan Dalam Tanah Mirip Candi Majapahit

Bambang Sugiarto, iNews · Rabu 01 Juli 2020 02:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 519 2239174 warga-jember-digegerkan-penemuan-bangunan-dalam-tanah-mirip-candi-majapahit-hvthI0vnqM.jpg Penemuan bangunan bersejarah di Jember (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER - Warga Jember, Jawa Timur geger setelah seorang perangkat desa bersama beberapa warga melakukan penggalian di dalam tanah di area sawah dan menemukan bangunan mirip candi di zaman kerajaan Majapahit, Selasa 30 Juni 2020. Warga yang penasaran, langsung membanjiri kawasan area persawahan itu.

Di area persawahan milik Asnawiyah, warga Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo, Jember digali dua lubang dengan kedalaman 2 meter terdapat susunan bangunan dari bata merah tanpa semen yang diduga merupakan benteng atau kepunden di zaman kerajaan Majapahit.

Penemuan bangunan bersejarah 

Karena bata merah itu mirip yang berada di Candi Deres Kencong Jember. Di mana, panjang bata mencapai 30 sentimeter dengan lebar 18 sentimeter.

Menurut Faisal Junaedi, perangkat Desa Ledokombo, awal ditemukannya bangunan tersebut bermula sejak satu tahun silam, di mana Faisal bermimpi di area itu ada bangunan mirip kerajaan.

Namun, mimpi itu tidak digubris Faisal. Kemudian, pada bulan berikutnya Faisal kembali mimpi yang sama hingga lima kali. Mimpi ini pun diceritakan kepada teman temannya, dan tidak ada tanggapan atau respons.

Faisal juga menganggap hal itu hanya mimpi biasa dan tidak berpengaruh apa apa. Puncaknya pada bulan Ramadhan 2020, Faisal kembali mimpi yang sama hingga akhirnya ia meminta dua orang warga untuk menggali di tengah area persawahan milik Asnawiyah yang tanaman padinya usai dipanen agar dilakukan penggalian.

Alangkah terkejutnya, ternyata di dalam tanah yang digali sedalam 2 meter ada bangunan mirip kerajaan. Temuan ini kemudian tersebar dari mulut ke mulut hingga banyak warga yang berdatangan ke lokasi penemuan bangunan itu.

Penemuan bangunan bersejarah 

Seperti Zaenab, pengunjung yang datang ke lokasi itu karena penasaran ingin mengetahui bangunan yang menurut penuturan banyak orang mirip kerajaan Majapahit. Bahkan, pemerhati sejarah dari Jember juga datang dan langsung melakukan penelitian berikut pengukuran bata yang menempel pada bangunan itu.

Diduga bangungan tersebut memang sebuah benteng atau kepunden yang berundak dengan memiliki banyak tangga. Namun, untuk membuktikan hal tersebut perlu penelitian dari arkeolog.

Termasuk kemungkinan dilakukan eskavasi guna melihat dari dekat bangunan yang terpendam dalam tanah itu.

Aprilia Nur Hasanah, pemerhati sejarah berharap ada tim arkeolog yang nantinya dapat meneliti bangunan tersebut. Apakah memang bangunan peninggalan kerajaan Majapahit atau bangunan biasa yang tertimbun tanah ribuan tahun.

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini