Salip Italia, Meksiko Catat Jumlah Kematian Covid-19 Tertinggi Keempat di Dunia

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 13 Juli 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 18 2245626 salip-italia-meksiko-catat-jumlah-kematian-covid-19-tertinggi-keempat-di-dunia-TRxeV5cLVS.jpg Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY - Kematian akibat virus corona baru di Meksiko akibat melonjak menembus 35.000 pada Minggu (12/7/2020), membuat negara itu menyalip Italia dan berada di peringkat keempat jumlah kematian akibat Covid-19 tertinggi di dunia.

Namun, terlepas dari tingginya angka kematian, Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan bahwa pandemi itu "kehilangan intensitas" di Meksiko. Dia menyalahkan apa yang disebutnya sebagai "media konservatif" karena menimbulkan kekhawatiran.

BACA JUGA: Pimpinan Geng Kriminal Terkuat Meksiko Tewas Terinfeksi COVID-19 di Penjara

Pada Minggu, Meksiko mencatat 276 kematian tambahan dan 4.482 infeksi baru untuk menjadikan total korban meninggal dunia akibat virus corona menjadi 35.006, dengan 299.750 kasus dikonfirmasi, menurut penghitungan Reuters. Jumlah itu melewati Italia yang telah mencatat 34.954 kematian dan 243.061 kasus, dan di belakang Amerika Serikat, Brasil, dan Inggris yang mencatat jumlah korban jiwa lebih tinggi.

Presiden Lopez Obrador baru-baru ini menghadapi kritik karena dianggap terlalu cepat membuka kembali ekonomi Meksiko.

Lopez Obrador mengatakan ia telah diberitahu tentang pandemi pekan lalu dan optimis.

“Laporannya positif, bagus. Kesimpulannya adalah bahwa pandemi turun, bahwa kehilangan intensitas,” katanya dalam pesan video yang dilansir Reuters.

BACA JUGA: Meksiko Ubah Istana Negara Jadi Tempat Tinggal Petugas Kesehatan Selama Pandemi COVID-19

Lopez Obrador juga mendukung Hugo Lopez-Gatell, wakil menteri kesehatan Meksiko dan pimpinan respons virus corona setelah muncul kritik terhadap penanganannya atas krisis pandemi Covid-19.

Lopez-Gatell terus merevisi proyeksi untuk total kematian dan baru-baru ini pada Juni memperkirakan hingga 35.000 kematian hingga Oktober. Pada awal Mei, perkiraannya adalah 6.000.

Menurut data oleh perusahaan riset Statista, korban kematian akibat virus corona per juta penduduk di Meksiko, yang jumlah populasinya sekitar 120 juta, adalah yang tertinggi ke-16 di dunia.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini