Petugas Kesehatan Tertular Covid-19, Sempat Buka Praktek Kedokteran

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Jum'at 17 Juli 2020 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 340 2247677 petugas-kesehatan-tertular-covid-19-sempat-buka-praktek-kedokteran-k4J9OaiEab.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

PEKANBARU - Seorang tenaga kesehatan di Kota Dumai, Riau HP (36) dinyatakan positif corona. Belum diketahui apakah dokter tersebut tertular dari pasien atau dari luar rumah sakit.

Koordinator Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau, Mimi Yuliana Nazir mengatakan, pasien terkonformasi corona setelah dilakukan swab massal beberapa waktu lalu. Tidak hanya pasien, puluhan tenaga kesehatan di Dumai juga diswab, namun hanya satu yang positif.

"Pasien merupakan salah satu struktural di Dinkes Dumai yang selalu berhubungan dalam penanganan Covid-19," ucap Mimi Kamis (16/7/2020).

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 masih menelusuri dengan siapa saja HP kontak. Karena selain bekerja di rumah sakit, HP juga membuka praktik kedokteran di Kota Dumai.

"Tenaga Kesehatan selalu berkontak dengan banyak orang. Dan bisa saja pasien tertular pada saat di tempat praktik mandiri. Ini yang masih kita telusuri," imbuh Mimi.

Dia menambahkan, tenaga kesehatan memiliki resiko penularan yang sangat potensial karena sering berkontak, apalagi dengan pasien yang OTG (orang tanpa gejala). Untuk itu tenaga kesehatan selalu waspada dan menjalankan protokol kesehatan.

"Itulah yang dihadapi tenaga Kesehatan dalam penanganan Covod-19. Mereka mempunyai kemungkinan terpapar besar baik yang di perkantoran apalagi yang di pelayanan," tukasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini