Antisipasi Kerumunan, Polda DIY Luncurkan Program SIM Masuk Desa

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 28 Juli 2020 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 510 2253501 antisipasi-kerumunan-polda-diy-luncurkan-program-sim-masuk-desa-REoIwl93Da.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA - Polda Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY) meluncurkan program pembuatan SIM masuk desa (SIMMADE). Program ini digulirkan agar warga tak berkerumun saat mengurus SIM di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar mengatakan bahwa langkah ini merupakan inovasi pelayanan publik guna mencegah penyebaran corona.

"Sehingga program ini dapat memudahkan dan mengutamakan keselamatan masyarakat di masa Covid-19 ini. Melalui program pelayanan SIMMADE ini, masyarakat dapat melakukan adaptasi di era baru ini,” ujar Asep dalam keterangannya, Selasa (28/7/2020).

“Karena mereka tak perlu hadir ke Satpas SIM. Sehingga pelayanan jadi lebih mudah, cepat, efisien dan terjangkau," tambahnya.

Baca Juga:  Catat, Pemohon SIM Baru Wajib Uji Psikologi 

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, ide kemunculan program ini lantaran tingginya permintaan masyarakat untuk pembuatan SIM baru selama pandemi.

"Maka untuk mencegah kerumunan massa, kami dari Dirlantas Polda DIY meluncurkan program SIMMADE ini. Sehingga aparat kami yang jemput bola ke desa-desa, dan bukan pemohon yang berbondong-bondong datang dan berkumpul di Satpas SIM kami," kata Agus.

Ia menerangkan, pihaknya juga membatasi pemohon saat melakukan pembuatan SIM agar tidak melanggar protokol kesehatan.

"Jelas dengan kami jemput bola, jumlah pemohon akan dibatasi. Sehingga hal ini dapat meminimalisir penyebaran Covid di wilayah hukum Polda DIY," katanya.

Baca Juga:  Mekanisme Baru Pembuatan SIM Internasional, Bisa Daftar dari Rumah

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini