Soal Siswa Tak Punya Paket Internet, Ini Solusinya Menurut Emil Dardak

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 30 Juli 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 519 2254516 soal-siswa-tak-punya-paket-internet-ini-solusinya-menurut-emil-dardak-lcBxUjxB82.jpg Wagub Jatim Emil Dardak. Foto: Istimewa

KOTA BATU - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak meminta seluruh elemen di wilayahnya berinovasi di masa pandemi corona (Covid-19), menyiasati susahnya akses internet dan keterbatasan kemampuan daya beli pulsa bagi siswa untuk mengikuti sekolah virtual.

Menurut mantan Bupati Trenggalek ini ada beragam cara yang bisa dijadikan solusi agar siswa dapat mengakses internet untuk keperluan belajar online.

"BOS (Bantuan Operasional Sekolah) itu kan memungkinkan digunakan (untuk beli paket internet). Kemudian guru- guru meminimalisir penggunaan yang bandwidth-nya besar, terus dicari langkah-langkah, kalau perlu tiap minggu ini ada inovasi untuk mengurangi beban bagi siswa," ungkap Emil Dardak saat di Kota Batu, Kamis (29/7/2020).

Dirinya juga mengapresiasi inovasi-inovasi di daerah untuk memodifikasi pembelajaran bagi siswa yang tidak memiliki akses gadget dan internet.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, Khofifah Minta Kades Sediakan Wifi Gratis untuk Siswa 

"Ada guru yang keliling di Lumajang, ada guru sambang, banyak kearifan lokal yang dilakukan. Tidak bisa pukul rata, tetapi bagi yang tetap menggunakan daring, kuota itu bisa dibantu dari BOS, kita buka untuk itu," tuturnya kembali.

Selain itu Emil mendorong penggunaan dana desa maupun fasilitas desa untuk pembelajaran bagi anak-anak. "Itu yang sudah disampaikan gubernur, sebenarnya untuk digunakan dana desa untuk mengarah membantu menyediakan akses kuota untuk warga," ucapnya.

"Semua harus didorong untuk bisa menjawab persoalan-persoalan, jadi tidak bisa mengandalkan satu sumber, kita semua sama-sama. Harapannya ada ruang di kabupaten kota, juga desa untuk ikut sama-sama gali sumber untuk membantu pembelajaran jarak jauh ini," tutupnya.

Baca Juga: Siap-Siap, Pelanggar Protokol Kesehatan di Jatim Bisa Kena Kurung 3 Bulan 

(abp)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini