Kasus Global Virus Corona Tembus 20 Juta

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 11 Agustus 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 18 2260237 kasus-global-virus-corona-tembus-20-juta-03f5w6olSK.jpg Foto: Okezone.

KASUS virus corona di seluruh dunia telah melampaui 20 juta, dengan Amerika Serikat (AS), Brasil, dan India memiliki setengah dari jumlah infeksi global.

Sejauh ini penyakit pernafasan itu telah menyebabkan lebih dari 734.000, menurut penghitungan John Hopkins University, yang lebih banyak dari angka kematian flu tahunan. Sementara itu, lebih dari 12,2 juta orang telah pulih dari penyakit tersebut.

Para ahli percaya angka sebenarnya, baik infeksi dan kematian, dari penyakit itu lebih tinggi dari data resmi yang diumumkan, terutama di negara-negara dengan kapasitas pengujian yang terbatas, demikian diwartakan Reuters.

BACA JUGA: Kasus Virus Corona Global Tembus 12 Juta, Setengahnya di Amerika Latin

Amerika Serikat mencatat lebih dari 5 juta infeksi Covid-19, tertinggi di dunia, diikuti Brasil dengan 3 juta kasus, dan India yang melaporkan 2,2 juta kasus.

Gelombang pertama penularan virus dinilai belum mencapai puncaknya di beberapa negara, sementara beberapa negara lain telah melihat kemunculan kembali infeksi Covid-19 setelah sebelumnya berhasil menekan angka penyebaran.

BACA JUGA: AS Catat Lebih dari 5 Juta Kasus Virus Corona

Australia telah memberlakukan kembali penguncian ketat dan jam malam di Kota Melbourne, guna menekan penyebaran wabah di sana. Sedangkan di Selandia Baru, di mana sebagian besar kehidupan telah kembali normal, pada akhir pekan mencatat 100 hari tanpa kasus baru penularan lokal.

Beberapa negara memberlakukan kembali langkah-langkah kesehatan publik yang ketat, sementara sebagian yang lain terus melonggarkan pembatasannya. Dilema tentang pembukaan kembali sekolah, bisnis dan kehidupan sosial diperkirakan masih akan terus berlangsung sampai vaksin tersedia, paling cepat pada awal 2021.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini