Kisah Pendaki Cilik Tempuh 144 Jam Menuju Puncak Gunung Patah di Bumi Rafflesia

Demon Fajri, Okezone · Sabtu 22 Agustus 2020 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 340 2265653 cerita-pendaki-cilik-tempuh-144-jam-menuju-puncak-gunung-patah-di-bumi-rafflesia-dsro8UYots.jpg Khansa Syahla, gadis 14 tahun torehkan prestasi sebagai pendaki cilik pertama (foto: Aulia Ibnu)

BENGKULU - Provinsi berjuluk Bumi Rafflesia, tidak hanya memiliki objek wisata pantai, danau, air terjun, Rumah Pengasingan Bung Karno, Rumah Fatwawati, dan Benteng Benteng Marlborough.

Provinsi dengan 10 kabupaten/kota ini memiliki gunung berapi aktif. Gunung Patah, namanya. Gunung itu berlokasi di kawasan Hutan Lindung (HL) Raje Mendare, dengan memiliki mata air bagi dua provinsi. Yakni, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Di mana gunung tertinggi di Provinsi Bengkulu tersebut memiliki tiga puncak utama. Puncak danau berada diketinggian 2.550 Mdpl, puncak kawah 2.650 Mdpl dan puncak gunung patah 2.852 Mdpl.

Kawah gunung yang terletak disebelah barat daya puncak gunung atau sebelah timur laut Desa Manau Sembilan, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, itu memiliki keindahan alam tersembunyi.

Sebab lobang kawah gunung api yang ditemukan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), Kampala Faperta Universitas Bengkulu (Unib), pada Senin 24 Juli 2017, itu memiliki Padang Savana dengan luas sekira 1,5 Hektare (ha), Danau Tumutan Tujuh seluas sekira 4 Ha.

Tidak hanya itu, gunung berapi purba yang berhutan lebat dengan tipe strato vulkanik ini memiliki lobang kawah dengan luas sekira 150 meter dengan fumarol aktif, serta pertemuan kawah kali mati dan sungai atau disebut ''Kolam Dewa''.

 pendaki cilik2

Pendaki Cilik Pertama di Puncak Gunung Patah

Gunung dengan kawah yang berlokasi di daerah berhutan lebat pada sisi 3 Kilometer (Km) arah barat daya dari puncak Gunung Patah ini untuk pertama kalinya dicapai pendaki cilik pemegang rekor pendaki perempuan termuda 7 summit Indonesia.

Khansa Syahla, namanya. Perempuan 14 tahun itu berhasil mencapai puncak gunung Patah, tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, pada Senin 17 Agustus 2020, sekira pukul 09.16 WIB.

Pendakian gunung yang berawal dari Desa Manau Sembilan, Kecamatan Padang Guci, Kabupaten Kaur itu membutuhkan waktu perjalanan selama 9 hari, pulang dan pergi. Dengan pembuatan camp sebanyak 8 kali.

Namun, untuk mencapai puncak anak kedua dari tiga bersaudara itu musti melewati hutan belantara selama 6 hari atau setara 144 jam, dengan pembuatan camp sebanyak 6 kali di jalur pendakian.

Pendakian yang merupakan bagian dari program 7 longest hiking trail siswi yang duduk di kelas IX SMP An Nahl Islamic school Gunung Putri, Jawa Barat ini didampingi sang ayah, Aulia Ibnu (46), dan rekan sang ayah, Yustina Dhani.

Di mana dalam pendakian track terpanjang di gugusan pulau nusantara tersebut, mereka didampungi 7 orang dari tim Bengkulu Mountaineer dengan Koordinator eksplorasi gunung patah, R Tri Prayudhi.

''Di balik kesulitan dengan jalur yang panjang ada keindahan tersembunyi. Gunung Patah tidak seperti gunung lainnya. Sebab puncak gunung tidak terlihat dari kejauhan. Di gunung ini memiliki kawah, danau, padang savana dan Kolam Dewa,'' kata Aulia Ibnu (46), saat ditemui Okezone, Jumat 21 Agustus 2020, malam.

Keindahan Tersembunyi Gunung Patah

Gunung Patah tidak hanya memiliki kawah aktif. Gunung tertinggi di provinsi yang dihuni tidak kurang dari 2,2 juta jiwa penduduk ini juga memiliki danau nan indah. Danau Tumutan Tujuh, namanya.

 pendaki 2

'Surga kecil' yang indah itu terdapat di bukit barisan wilayah Padang Guci, Kabupaten Kaur. Hutan lindung Raja Mendare, tepatnya. Danau ini berada diketinggian 2.550 Mdpl dengan luas sekira 4 Ha.

Tidak hanya itu, gunung yang ada diperbatasan Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan ini memiliki Padang Savana dua spot seluas sekira 1,5 Ha. Di mana Padang Savana tersebut masih alami dan jauh berbeda dengan Padang Savana di gunung-gunung lainnya.

Jalur pendakian yang banyak ditemukan vegetasi tinggi, semak cantigi gunung (Vaccinium Varingiaufolium) ini memiliki pertemuan kawah kali mati dan sungai dengan air yang bening berwarna biru atau ''Kolam Dewa''.

Perempuan berparas cantik ini mengatakan, pendakian ke Gunung Patah merupakan salah satu jalur pendakian terpanjang dari 7 longest hiking trail atau pendakian dengan track terpanjang di gugusan pulau nusantara, dengan memakan waktu 6 hari.

Di jalur pendakian, kata perempuan yang telah mendaki sejak di bangku kelas 5 Sekolah Dasar (SD) ini, banyak ditemukan akar gantung, pakis rakasasa yang dilindungi, kayu fosil serta berbagai jejak hewan buas di lindungi.

''Gunung Patah berbeda dengan gunung lainnya. Semuanya ada di Gunung Patah, mulai dari Danau, Padang Savana yang benar-benar alami, kawah, hingga pertemuan kali mati dan sungai. Semua terbayar dengan keindahan alam Gunung Patah,'' cerita perempuan yang telah menyelesaikan 5 puncak dari 7 gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Indonesia ini.

Pendakian Gunung Patah, cerita Khansa, dimulai sejak Rabu 12 Agustus 2020 hingga Jumat 21 Agustus 2020 atau 9 hari. Di mana untuk mencapai puncak memakan waktu selama 6 hari.

Jalur pendakian, terang anak kedua dari tiga bersaudara ini, juga terdapat tanjakan 'Khansa' sepanjang tidak kurang dari 60 meter dengan kemiringan 45 derajat. Di mana tanjakan tersebut musti menggunakan tali carmantel.

Selain itu, kata perempuan berparas cantik ini, saat di puncak gunung, suhu mencapai 8 - 9 derajt celcius. Meskipun demikian, Khansa bersama rombongan tetap berada di puncak selama 3 jam.

''Jalur pendakian Gunung Patah, salah satu jalur pendakian terpanjang. Di puncak sempat selama 3 jam, itu waktu terlama di atas puncak gunung, selama ini tidak sampai 3 jam,'' cerita perempuan kelahiran Jakarta, 16 Maret 2006 ini.

Selesaikan Lima dari Tujuh Puncak Gunung Jalur Pendakian Terpanjang

Perempuan 14 tahun itu telah mendaki 5 puncak gunung dari 7 longest hiking trail. Di mana pendakian 5 dari 7 puncak gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Indonesia itu dimulai sejak Januari 2018.

 pendaki 5

Adapun 5 puncak yang telah dicapai pendaki cilik yang berkeinginan mendaki ke Gunung Elbrus di Rusia ini, mulai dari Gunung Leuser di Aceh, Gunung Argopuro di Jawa Timur, Gandang Dewata di Sulawesi Barat, Gunung Sojol di Sulawesi Tengah dan Gunung Patah di Bengkulu.

''Pendakian gunung dengan jalur terpanjang di Indonesia, sudah dimulai sejak Januari 2018,'' kata Khansa.

Dari lima puncak gunung yang telah diselesaikan, sampai Khansa, jalur pendakian Gunung Patah yang dinilai paling menantang. Di mana jalur pendakian masih hutan belantara, dengan jalur antara ada dan tiada.

''Jalurnya antara ada dan tiada. Sebab jalurnya semak belukar dan belum banyak diketahui orang,'' jelas Khansa.

Khansa menyampaikan, akan menyelesaikan 7 puncak gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Indonesia sebelum tamat dari SMP. Di mana dua puncak gunung yang akan didaki, kata Khansa, diperkirakan di Pulau Kalimatan satu puncak dan satu puncak di Papua.

''Sebelum tamat SMP, 7 puncak gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Indonesia, sudah selesai didaki,'' pungkas Khansa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini