Komplotan Pembobol Minimarket Kelas Kakap Ditangkap, Ini Sederet Aksinya

Taufik Budi, Okezone · Jum'at 18 September 2020 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 512 2279724 komplotan-pembobol-minimarket-kelas-kakap-ditangkap-ini-sederet-aksinya-fbfyNzjZw3.jpg Gelar perkara pembobolan minimarket di Rembang (Foto: Humas Polres Rembang)

REMBANG - Polisi membekuk dua pelaku yang diduga sebagai pelaku pembobolan sejumlah minimarket di Rembang Jawa Tengah. Mereka telah berulang kali membobol minimarket dan menguras barang-barang berharga di dalamnya.

Dua pelaku adalah Hartono (31) warga Rembang, yang tercatat sebagai seorang residivis. Sementara rekannya yakni Bagas Aji Prasetya (24) warga Kudus. Kedua pelaku mengaku melancarkan aksinya berulang kali dengan menyasar toko modern seperti Indomaret dan Alfamart.

Pengungkapan kasus tersebut bermula dari insiden pembobolan Indomaret Desa Pasar Banggi Rembang. Saat dicocokkan, kasus tersebut sama dengan modus pembobolan yang terjadi di Alfamart Desa Gegunung Wetan Kecamatan Kota Rembang.

“Setelah dilakukan penyelidikan akhirnya pada Rabu 2 September 2020 sekira pukul 01.30 WIB, Unit Reskrim Polsek Rembang Kota, bekerjasama dengan Satreskrim Polres Rembang berhasil mengamankan dua orang tersangka,” terang Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre, Kamis (17/9/2020).

Sejumlah pasar modern yang pernah dibobol keduanya yakni, Indomaret Desa Pasar Banggi Kecamatan Kota Rembang, dilakukan sebanyak dua kali, pada 2 September dan 23 Agustus 2020. Kemudian Alfamart Desa Gegunung Kulon Kecamatan Kota Rembang, sebanyak dua kali pada 10 Juli dan 5 Agustus 2020.

Selanjutnya, di Alfamart sebelah barat Pasar Kota Rembang masuk wilayah Desa Sumberjo, Rembang. Di lokasi ini, mereka beraksi sebanyak tiga kali. Dua aksi dilakukan sekira Juni 2020, dan yang terakhir pada 1 Juli 2020.

“Modus yang digunakan sama antara sejumlah kejadian dan TKP ini. Yaitu dengan mencongkel dan merusak bangunan lewat atap,” papar Rongre.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka harus mendekam di ruang tahanan Mapolres Rembang guna penyidikan lebih lanjut. Termasuk seluruh barang bukti hasil tindak pidana pencurian keduanya, kini diamankan di Mapolres Rembang.

“Mereka dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke-3e, ke-4e dan ke-5e KUH Pidana, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 9 tahun penjara,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini