Langgar Protokol Kesehatan, 6 Warga Sidoarjo Divonis Penjara 3 Hari

Pramono Putra, iNews · Minggu 20 September 2020 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 519 2280673 langgar-protokol-kesehatan-6-warga-sidoarjo-divonis-penjara-3-hari-8wAAs7zmda.jpg Hakim vonis 6 pelanggar protokol kesehatan dipenjara 3 hari. Foto: Pramono Putra

SIDOARJO – Karena tidak bisa membayar denda RP150 ribu ketika terkena razia protokol kesehatan, sejumlah warga Sidoarjo, Jawa Timur, terpaksa menjalani hukuman penjara 3 hari.

Sebelum dimasukkan ke dalam sel tahanan, para pelanggar protokol kesehatan itu lebih dulu menjalani sidang yang dijalankan petugas Pengadilan Negeri Sidoarjo di lokasi razia.

Dalam sidang itu warga yang tidak memakai masker divonis didenda sesuai aturan yang berlaku, yaitu Rp150 ribu. Hanya saja sebagian warga tidak sanggup membayarnya sehingga terpaksa dimasukkan ke dalam sel.

Tercatat ada 6 orang pelanggar yang masuk sel sesuai Keputusan hakim. Mereka adalah warga pendatang di Sidoarjo yang belum memiliki penghasilan selama tinggal di kota tersebut. “Enggak apa-apa ditahan,” ujar seorang pelanggar, Faizal.

Satu lagi yang diputus penjara 3 hari yaitu Aris. Ia tidak punya uang untuk membayar denda, bahkan ia sedang kesusahan sehingga kelaparan. “Berat pak, ini saja saya disuruh beli makan tadi, lapar,” ucapnya.

Baca Juga: 5 Sanksi Lucu Razia Masker, Peluk Tiang Telefon hingga Merenung di Kuburan

Sementara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sidoarjo menyerahkan kepada pihak Kejaksaan Negeri Sidoarjo sebagai eksekutor dalam putusan itu, terkait lokasi penanganan warga yang melanggar protokol kesehatan tersebut.

“Ini kan eksekutornya dari kejaksaan. Nah dari Kejaksaan, tergantung kejaksaan apakan dititipkan ke polres atau langsung dikirim ke lapas,” ujar Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, Sabtu 19 September 2020 malam.

Baca Juga: PSK Menangis Histeris Nyaris Pingsan saat Dimasukkan ke Ambulans Berisi "Pocong"

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini