Kemudahan Berkuliah dengan Beasiswa di Universitas Gunadarma

Agustina Wulandari , Okezone · Selasa 22 September 2020 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 1 2281687 kemudahan-berkuliah-dengan-beasiswa-di-universitas-gunadarma-RsHSWhpcBf.jpg Foto : Dok.Okezone

Pandemi Covid-19 berdampak pada aktivitas belajar. Tidak hanya di sekolah, tapi juga perguruan tinggi. Aktivitas belajar yang dilakukan mahasiswa pun harus dilakukan secara online agar dapat mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19.

Menurut Prof. Budi Hermana Kepala BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) Universitas Gunadarma, pada tanggal 13 Maret dokumen protokol kesehatan dirilis dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Semua layanan data akademik dapat diakses daring melalui student digital locker (studentsite.gunadarma.ac.id) dan sistem informasi akademik terpadu, dengan didukung oleh layanan online helpdesk. Sistem penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara full online.

Dalam mendukung pendidikan di tingkat universitas, Universitas Gunadarma sebagai perguruan tinggi swasta yang unggul dan berbasis Teknologi Informasi menyediakan beasiswa bagi para siswa/siswi berprestasi, mahasiswa berprestasi, dan mahasiswa kurang mampu. Beasiswa yang diberikan berupa keringanan sebagian atau penuh biaya kuliah yang dibayarkan. Harapannya dapat membantu meringankan uang kuliah bagi mahasiswa, sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pengajuan beasiswa hanya dapat dilakukan bagi para siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat yang berkeinginan kuliah di Gunadarma dan lolos tahapan seleksi yang ditetapkan oleh panitia. Beasiswa yang disediakan untuk para siswa ini keringanan sebagian atau penuh dari uang kuliah yang harus dibayarkan. Namun, besarnya uang kuliah tersebut ditentukan dari data-data calon peserta dan hasil seleksinya.

Universitas Gunadarma pun memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang berdedikasi tinggi pada almamater, seperti mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga atau sebagai atlet, sehingga membawa nama baik kampus di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Untuk mahasiswa berprestasi yang berdedikasi tinggi ini akan diberikan beasiswa sesuai dengan kemampuan mahasiswa tersebut dan besarnya beasiswa yang didapat disesuaikan dengan prestasi yang diraih.

Selanjutnya, Universitas Gunadarma juga menyediakan beasiswa pada mahasiswa yang kurang mampu, tetapi memiliki prestas akademik yang baik. Beasiswa ini diberikan kepada mereka untuk jangka waktu 1 tahun atau 2 semester perkuliahan dan dapat diperpanjang. Mahasiswa yang ingin memperpanjang beasiswanya kembali bisa mengajukan di tahun berikutnya saat jadwal pengumuman perpanjangan beasiswa sudah keluar.

UG juga menawarkan beasiswa melalui jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dengan bekerja sama dengan beberapa sekolah untuk siswa berprestasi. Pemberian beasiswa bagi siswa yang mengikuti kegiatan try out di UG, yang juga diberikan potongan uang kuliah. Beasiswa penuh untuk program studi baru, seperti farmasi, agroteknologi, ekonomi syariah, pariwisata, disain interior, dan sastra Tiongkok. Prosesnya sudah berjalan dan tinggal tahap akhir atau pengumuman.

Mahasiswa baru yang sudah membayar uang kuliah dan daftar ulang, juga diberi peluang untuk mendapatkan beasiswa berprestasi pada semester berikutnya jika mempunyai prestasi tinggi sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh UG.

Bidang Kemahasiswaan Universitas Gunadarma menyalurkan berbagai beasiswa dari instansi Pemerintah maupun swasta. Bentuk pengurusan beasiswa ini tergantung pada jenis dan pemberi beasiswa.

Bagi para siswa atau mahasiswa yang ingin memperoleh beasiswa dapat mengajukan permohonan ke bidang kemahasiswaan Universitas Gunadarma atau mengunjungi website bidang kemahasiswaan Universitas Gunadarma. Dengan segala kemudahan mengajukan permohonan tersebut, jadi para lulusan sekolah menengah atas tak perlu ragu melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini