90 Paus Pilot Mati Setelah Terdampar Massal di Australia

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 22 September 2020 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 18 2281807 90-paus-pilot-mati-setelah-terdampar-massal-di-australia-Soc55WnJMG.jpg Foto: Kepolisian Tasmania.

HOBART - Pendamparan massal paus pilot di pantai barat Pulau Tasmania, Australia ditemukan pada Senin (21/9/2020). Setidaknya sepertiga dari 270 paus yang terdampar telah mati dan lebih banyak lagi yang dikhawatirkan akan mati, demikian kata tim penyelamat.

Ahli biologi kelautan berjuang untuk menyelamatkan paus pilot yang tersisa dalam operasi rumit yang mungkin memakan waktu berhari-hari.

Tim penyelamat dari Program Konservasi Maritim Tasmania tiba pada Senin malam dan menemukan tiga kelompok paus di Macquarie Heads - ujung pulau terpencil dengan akses kapal dan jalan terbatas.

BACA JUGA: 150 Ekor Paus Pilot Mati Terdampar di Pantai Terpencil Selandia Baru

Sekira 200 mamalia itu telah terdampar di gundukan pasir dekat jalur perahu, sementara 30 lainnya ditemukan beberapa ratus meter jauhnya. Sebanyak 30 paus lainnya ditemukan lebih jauh ke pedalaman di sepanjang Ocean Beach.

Banyak paus berada di lokasi yang "relatif tidak dapat diakses", menjadi tantangan bagi penyelamat.

Sebuah tim yang terdiri dari sekitar 40 penyelamat terlatih mulai "mengapungkan kembali" sejumlah kecil paus pada Selasa pagi - menggunakan peralatan untuk mendorong hewan-hewan tersebut dari gosong ke perairan yang lebih dalam.

BACA JUGA: 135 Paus Mati Setelah Terdampar Massal di Pantai Australia

"Biasanya kita berurusan dengan hewan di tempat tinggi dan kering di pantai. Ini berbeda. Kita punya hewan semi-apung jadi mungkin tidak perlu terlalu banyak usaha untuk mengapungkannya kembali - hanya memerlukan sedikit dorongan," kata ahli biologi satwa liar Dr Kris Carlyon sebagaimana dilansir BBC.

Jika paus-paus itu baik-baik saja di dalam air, maka langkah selanjutnya adalah mengeluarkan mereka lebih jauh ke laut.

Tidak diketahui apa yang menarik paus-paus itu ke pantai. Pendamparan paus adalah hal biasa di wilayah ini, tetapi pendamparan dalam jumlah sebesar ini belum pernah terjadi dalam lebih dari satu dekade.

Tasmania terakhir kali mencatatkan terdampar massal pada 2009 yang melibatkan sekira 200 paus.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini