KPU Tetapkan 4 Paslon di Pilkada Sumbar 2020, Besok Pengundian Nomor Urut

Rus Akbar, Okezone · Rabu 23 September 2020 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 340 2282653 kpu-tetapkan-4-paslon-di-pilkada-sumbar-2020-kamis-depan-pengundian-nomor-urut-ThH8biAtj8.jpg Foto: Ilustrasi. dok.Okezone

PADANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan secara resmi empat pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sumbar di Pilkada 2020.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen menjelaskan empat pasang calon tersebut telah memenuhi syarat dan ditetapkan sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan dipilih masyarakat pada Desember mendatang.

“Empat pasangan ini ditetapkan, pasangan calon yang telah memenuhi persyaratan,” ujarnya, Rabu (23/9/2020)

Sementara untuk penetapan nomor urut paslon gubernur tersebut akan dilakukan besok, Kamis (24/9/2020). KPU Sumbar akan mengundi nomor urut.

“Tahapan ini hanya boleh dihadiri oleh pasangan calon terkait, 1 penghubung dan 2 perwakilan partai politik untuk tiap-tiap pasangan calon, serta 2 perwakilan Badan Pengawas Pemilu Sumbar,” terangnya.

Keempat pasangan yang ditetapkan KPU Sumatera Barat untuk bertarung di Pilkada Sumbar 2020 yaitu Mahyeldi Ansharullah (Wali Kota Padang) berpasangan dengan Audy Joinaldy yang diusung PKS dan PPP yang memiliki total 14 kursi di DPRD Sumatera Barat.

Kemudian pasangan Nasrul Abit (Wakil Gubernur Sumbar) berpasangan dengan Indra Catri (Bupati Kabupaten Agam) yang diusung Partai Gerindra yang memiliki 14 kursi di DPRD Sumbar.

Setelah itu pasangan Fakhrizal (Mantan Kapolda Sumbar) berpasangan dengan Genius Umar (Wali Kota Pariaman) yang diusung Partai Golkar, PKB dan Nasdem yang memiliki total 14 kursi di DPRD Sumbar.

Pasangan terakhir adalah Mulyadi (Anggota DPR RI) berpasangan dengan Ali Mukhni (Bupati Kabupaten Padang Pariaman) yang diusung Partai Demokrat dan PAN yang memiliki total 20 kursi di DPRD Sumbar. “Kita sudah tetapkan pasangan calon dan besok akan kita tetapkan nomor urut calon,” tutupnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini