4 Ide Bisnis Menguntungkan Saat Pandemi Bisa Jadi Inspirasi UKM

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Senin 19 Oktober 2020 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 1 2295762 4-ide-bisnis-menguntungkan-saat-pandemi-bisa-jadi-inspirasi-ukm-el9672ppnT.jpg Foto: Dok Okezone

Saat pandemi Covid-19, memulai bisnis bisa menjadi salah satu inspirasi bagi Anda yang dirumahkan atau menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) di situasi seperti ini.

Memulai bisnis tak harus dimulai dengan memiliki modal yang besar, Anda bisa memulai dari usaha rumahan, karena umumnya modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, selain itu lebih fleksibel. Untuk memulai peluang usaha rumahan di saat pandemi seperti sekarang ini, yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan bakat dan minat untuk membuat sesuatu sehingga diminati atau dibutuhkan orang lain.

Pada masa seperti ini, teknologi memiliki peran penting untuk membantu para pelaku bisnis dalam meningkatkan usahanya. Tidak hanya untuk usaha yang sudah jalan tetapi teknologi juga bisa berperan penting bagi mereka yang ingin memulai usaha salah satu pemanfataan media sosial sebagai cara sederhana dari penerapan teknologi di dunia usaha. Online marketplace yang kini semakin populer juga bisa menjadi pilihan utama, biaya yang tidak terlalu mahal memudahkan orang untuk mendirikan toko.

Lantas produk apa saja yang sekarang banyak dicari orang di masa pandemi Covid-19 ini? Berikut ini berbagai produk yang bisa jadi inspirasi ide bisnis yang menguntungkan di tengah pandemi:

 

1. Produk Kesehatan dan Kebersihan

Di masa pandemi saat ini, salah satu bisnis usaha yang berhubungan dengan kesehatan dan kebersihan sedang sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat. Untuk saat ini tentunya produk-produk kesehatan dan kebersihan sangat dibutuhkan. Seperti imbauan pemerintah mewajibkan ketika kita keluar harus memakai masker. Selain masker, hand sanitizer, face shiled, dan scan pengukur suhu juga menjadi incaran masyarakat.

Selain itu Anda bisa menjual jamu buatan rumah, madu, minyak zaitun murni, minyak esensial, suplemen, dan lain-lain. Ide bisnis produk-produk tersebut bisa Anda mulai dengan berjualan lewat sosial media atau marketplace online populer. Bisa juga Anda tawarkan ke orang-orang terdekat yang Anda kenal lewat aplikasi chat.

2. Produk Makanan Beku (Frozen Food)

Di situasi seperti ini, kita dianjurkan untuk membatasi aktifitas di luar rumah dan sebisa mungkin tidak kemana-mana, kecuali untuk hal yang begitu mendesak. Dan hal ini justru membuat seseorang lebih sering menyimpan makanan agar intensitas keluar rumah bisa dikurangi. Apalagi bagi orang yang tidak piawai memasak, sehingga lebih sering membuat makanan yang cenderung simpel dan mudah, seperti Frozen food misalnya.

Nah, ini juga bisa jadi inspirasi peluang usaha. Menjalankan usaha frozen food tidak terlalu sulit. Setidaknya, yang harus disiapkan adalah freezer dan persediaan frozen food yang beragam.

Usahakan untuk menyiapkan berbagai jenis frozen food; mulai dari frozen vegetable, nugget, sosis, hingga cemilan. Pastikan makanan yang di jual harus bertahan lama dan praktis. Jikalaupun tidak terlalu berbakat memasak, usaha ini tetap bisa digarap dengan menjadi agen frozen food di wilayah sekitar rumah Anda.

3. Katering atau Lauk Siap Santap

Proses memasak yang membutuhkan waktu dan kesabaran membuat orang berpikir dua kali untuk melakukannya saat tak punya banyak waktu luang.

Bisnis lauk siap santap pada saat ini memang bisa menjadi pilihan para pebisnis rumahan bahkan bisa dikatakan bisnis rumahan atau UKM seperti ini memang tak pernah kering pembeli.

4. Sayur dan Buah online

Di masa pandemi Covid-19 dan new normal, permintaan akan buah dan sayur semakin meningkat. Masyarakat mulai banyak yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan sehat. Kembalinya kebijakan PSBB tentu membuat masyarakat menjadi tidak leluasa melakukan kegiatan, salah satunya berbelanja sayur dan buah segar.

Menjual buah dan sayur secara online adalah salah satu cara memanfaatkan teknologi di tengah pandemi. Anda bisa menggunakan platform situs web atau aplikasi untuk mengoperasikan bisnis ini. Bekerja sama dengan supplier buah atau sayur lokal, membuat peluang keuntungan usaha kecil dan menengah ini tidak hanya naik di masa pandemi.

Nah ingin tahu lebih banyak tentang berbagai ide bisnis yang menguntungkan di masa pandemi saat ini? Yuk ikuti Webinar Program Indonesia Digital Market (IDM) yang bertema '’Solusi Bisnis Wanita Indonesia di Tahun 2021 “ pada hari Selasa, 20 Oktober 2020, pukul 14.30 – 15.30 WIB; yang akan mengundang 3 narasumber profesional di bidangnya, yaitu Wulan Guritno (Actress & Owner PT Andalan Boga Jaya), Irma Sustika (Founder Of Woman Preneur Community) dan Riana Taluki (Head of HSBC Fusion PT Bank HSBC Indonesia).

Program Indonesia Digital Market yang digagas platform media online Okezone dan HSBC Fusion bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengusaha muda agar tetap produktif dan berinovasi di tengah pandemi Covid-19. Para pengusaha harus mempu berdiri di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dengan tekad yang kuat, mereka pun #TernyataBisaJadiBesar di era New Normal.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini