Pemkot Malang Mulai Data Tenaga Kesehatan Penerima Vaksin Covid-19

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 04 November 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 519 2304110 pemkot-malang-mulai-data-tenaga-kesehatan-penerima-vaksin-covid-19-RYBJefrZX5.jpg Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Malang, Husnul Muarif. (Foto : Okezone/Avirista Midaada)

KOTA MALANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang tengah mendata penerima vaksin. Saat ini prioritas pertama vaksin adalah tenaga medis.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif menyebut pihaknya masih mendata tenaga medis yang menjadi prioritas pertama vaksin sesuai Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

"Di Kota Malang, banyak sasarannya (penerima vaksin). Salah satunya, tenaga kesehatan yang ada di Kota Malang, baik yang berada di rumah sakit maupun yang membuka praktik kesehatan pribadi," kata Husnul Muarif pada Rabu (4/11/2020) siang.

Namun, ia belum mengetahui berapa jumlah total tenaga kesehatan yang telah terdata. Hal itu mengingat pendataan masih berjalan hingga kini.

"Belum tahu (jumlahnya-red) karena masih pendataan. Kami meminta agar data secepatnya masuk di Dinas Kesahatan (Dinkes)," ujarnya.

Husnul menjelaskan, pendataan memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena dilakukan berdasarkan kewilayahan. Dia mencontohkan, puskesmas di suatu wilayah harus melakukan pendataan di rumah sakit terdekat yang berada di daerahnya.

"Nah, hal itu yang harus dikonfirmasikan dengan rumah sakit dan klinik yang ada di sekitar wilayah tersebut," ucapnya.

Namun Husnul menyebut sejauh ini belum diketahui kapan rencana vaksinasi di Kota Malang akan dilakukan. Pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Satgas Penanganan Covid-19 pusat.

Baca Juga : 9,3% Masyarakat Tak Terapkan Perilaku 3M

"Kami masih menunggu jadwal pendistribusian dari kementerian sehingga sebelum vaksin datang kami sudah ada persiapan termasuk pendataan dan sasaran," tuturnya.

Baca Juga : Satgas Covid-19: Jumlah Orang Dipantau Prokes saat Libur Panjang Naik 92,02%

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini