Kasus OTG Melonjak, Tempat Isolasi Gedung Technopark Sragen Penuh

Joko Piroso, iNews · Kamis 26 November 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 512 2316409 kasus-otg-melonjak-tempat-isolasi-gedung-technopark-sragen-penuh-z3xuAxQ8VC.jpg Foto ilustrasi Okezone

RAGEN - Kasus Covid-19 di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah terus mengalami peningkatan. Tempat isolasi mandiri yang disiapkan satgas Covid-19 di Gedung Technopark hampir penuh. Sejumlah gedung yang sebelumnya kosong kini telah terisi orang tanpa gejala (OTG). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Hargianto mengatakan kapasitas awal hanya 24 tempat tidur.

(Baca juga: Ikut Rombongan Edhy Prabowo, Ngabalin Siap Beri Keterangan ke KPK) 

Namun pihaknya terus menambah tempat tidur untuk tempat isolasi. “Karena pasien terus bertambah. Jika penambahan kasus terus terjadi, kapasitas tempat isolasi akan dijadikan 250 bed,” tutur Hargianto, Kamis (26/11/2020).

Hargianto menyebutkan, sudah 175 warga yang isolasi mandiri di Technopark. “Dari 175 warga yang isolasi itu beberapa di antaranya adalah tenaga kesehatan (nakes) yang juga terpapar virus corona jenis baru. Sementara itu yang melakukan isolasi mandiri itu selain agar tidak menular kepada orang lain juga mendapatkan vitamin, dan gizi yang cukup,” katanya.

Hargianto menambahkan, pemerintah Kabupaten Sragen sudah membangun komunikasi dengan sejumlah instansi kesehatan, seperti rumah sakit swasta maupun Puskesmas untuk meminjamkan tempat tidur.

(Baca juga: Fadli Zon Ogah Bahas Penangkapan Edhy Prabowo, Netizen: Masih Ngurus Baliho)

Dia menyampaikan, untuk pasien yang baru terkonfirmasi, sepanjang mematuhi protokol kesehatan bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. “Ketika ada keluhan akan dijemput oleh petugas menuju tempat isolasi mandiri atau rumah sakit yang disediakan pemerintah,” tutupnya.

Untuk diketahui, saat ini lonjakan pasien terbesar di Kabupaten Sragen karena klaster keluarga. Selain itu sebagian hasil pengecekan dari hasil rapid test anggota KPPS Sragen. Bahkan hasil rapid test ada ratusan yang reaktif/ yang saat ini ditindaklanjuti dengan swab test. Sementara Covid-19 di Kabupaten Sragen pada Selasa (24/11) terdapat 1.285 kasus terkonformasi, penambahan sebanyak 25 orang.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini