Pekan Depan, Polisi Panggil Sejumlah Saksi Soal Kerumunan di Megamendung

Arif Budianto, Koran SI · Minggu 29 November 2020 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 525 2318417 pekan-depan-polisi-panggil-sejumlah-saksi-soal-kerumunan-di-megamendung-kLpoD9hzWA.jpg Pimpinan FPI, Habib Rizieq (foto: Sindo/Isra)

BANDUNG - Polda Jabar telah menaikkan soal kerumunan di Megamendung, Kabupaten Bogor, masuk tahap penyidikan. Rencananya Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar akan memanggil sejumlah saksi untuk dimintai keterangan.

Atas rencana tersebut, saksi dari sejumlah pejabat di Kabupaten Bogor dan FPI seperti Habib Rizieq Shihab juga bakal dipanggil.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi A Chaniago mengatakan, minggu depan akan ada beberapa tahap yang akan dipanggil, mulai dari perangkat pemerintahan Kabupaten Bogor, pemilik, dan penyelenggara acara di Megamendung.

"Di proses penyidikan itu ada panggilan sebagai saksi, kita akan minta keterangan mereka," jelas Erdi di Bandung, Minggu (29/11/2020).

Baca juga:

Sesalkan Habib Rizieq, Doni Monardo: Pemerintah Akan Bertindak Tegas ke Siapa pun!

RS Ummi Minta Maaf ke Satgas Covid-19 Terkait Polemik Habib Rizieq

Menurut dia, dengan kenaikan status penyidikan, maka saksi mesti datang memberikan keterangan.

"Ketentuannya, apabila sekali tidak datang, panggilan kedua tidak datang, itu dilengkapi dengan surat perintah membawa," kata dia.

Menurut dia, dalam proses penyidikan ada upaya paksa. Karena penyidik ingin mengetahui supaya perkara ini bisa dibuktikan dengan terang benderang.

Kasus Megamendung sendiri merupakan tindak lanjut pendalaman kerumunan dalam kegiatan yang dilaksanakan di Markaz Syariah Pesantren Alam Agrokultural, Megamendung beberapa waktu yang lalu. Pada kegiatan itu diduga banyak dilakukan pelanggaran protokol kesehatan.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini