Vaksinasi Covid-19 di Bali Digelar Drive Thru, Pertama di Indonesia

I Gusti Bagus Alit Sidi, iNews · Sabtu 27 Februari 2021 22:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 244 2369519 vaksinasi-covid-19-di-bali-digelar-drive-thru-pertama-di-indonesia-YRguadFQPc.jpg Vaksinasi Covid-19 secara drive thru di Bali. (Foto : iNews/Bagus Alit)

BADUNGVaksinasi Covid-19 di Kabupaten Badung, Bali, dilaksanakan secara drive thru. Pelaksanaan vaksinasi drive thru ini menjadi yang pertama di Tanah Air maupun Asia Tenggara.

Vaksinasi yang dilakukan dengan konsep drive thru ini digelar di areal parkir Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), kawasan destinasi wisata Indonesia Tourism Development Corporation, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Untuk bisa menikmati layanan ini, masyarakat sangat dimudahkan karena tak perlu keluar dari mobil. Warga yang ingin divaksin cukup membuka pintu mobil dan mengulurkan tangan untuk disuntik tenaga medis.

Sebelum disuntik, warga wajib melalui screening dengan menunjukkan barcode yang berfungsi untuk mendata warga yang telah divaksin. Setelah didata, kendaraan warga kemudian diarahkan menuju tempat pemeriksaan tensi.

Jika dinyatakan layak, warga diarahkan ke tempat penyuntikan vaksinasi Covid-19. Tapi ingat, mulai dari tahap screening, pemeriksaan tensi, hingga penyuntikan vaksin, mesin mobil wajib dimatikan.

Baca Juga : Hari Pertama Bekerja, Bobby Nasution Pantai Vaksinasi Pedagang di Pasar Sei Sikambing

Setelah disuntik vaksin Covid-19, warga diminta tetap tinggal di area parkir selama 30 menit untuk diobservasi untuk mengantisipasi adanya reaksi tertentu setelah penyuntikan.

Berdasarkan pantauan, Sabtu (27/2/2021), warga terlihat antusias memanfaatkan layanan ini. Selain itu, warga mengaku tak takut menerima suntikan vaksin Covid-19 dan tak merasakan efek apapun setelah divaksinasi.

“Karena memang lebih fleksibel, lebih simpel untuk drive thru. Enggak (khawatir-red). Emang anjuran pemerintah harus divaksin,” kata Ketut Putra.

Baca Juga : Presiden Jokowi Minta Dukungan NU untuk Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Ditargetkan maksimal 800 orang bisa menikmati layanan penyuntikkan vaksin ini per harinya. Selain di Nusa Dua, layanan vaksinasi berkonsep drive thru semacam ini dalam waktu dekat nantinya dihadirkan di sejumlah kawasan yang menjadi sentral pariwisata di Bali seperti kawasan wisata Kuta, Ubud, Sanur, hingga Nusa Penida.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini