Prototipe Starship SpaceX Meledak Setelah Uji Coba yang "Sukses"

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 04 Maret 2021 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 18 2372036 prototipe-starship-sn10-spacex-meledak-setelah-uji-coba-yang-sukses-EIzoR1Ni7b.jpg Foto: Twitter.

BOCA CHICA - Prototipe Pesawat Luar Angkasa SN10 milik SpaceX meledak memunculkan kobaran api setelah melakukan uji terbang yang sukses. Pesawat itu sempat mendaki setinggi 10 kilometer ke langit dan melakukan pendaratan tegak, meski sedikit goyah, sebelum tiba-tiba meledak dengan dahsyat.

Uji terbang itu awalnya tampak berhasil, dengan Starship terlihat melayang setinggi sekira 10 kilometer dan melakukan manuver balik sebelum mendarat dengan perlahan. Pesawat terlihat berhasil bersandar pada landasan ketika api kecil terlihat di dasar pesawat.

BACA JUGA: Prototipe Starship SpaceX Meledak saat Mendarat, Begini Kronologinya!

Beberapa menit kemudian, pesawat itu hancur berkeping-keping, melontarkannya ke udara dan mengeluarkan bola api besar-besaran.

Meskipun masih belum jelas apa yang menyebabkan kegagalan tersebut, upaya peluncuran pada Rabu (3/3/2021) pagi dibatalkan dengan waktu kurang dari satu detik sebelum lepas landas, bahkan mesin Starship sempat menyala sebentar sebelum uji coba dihentikan sementara.

BACA JUGA: Pesawat Luar Angkasa 'Starship' Lulus Uji Cryogenic

CEO SpaceX Elon Musk mengatakan pembatalan dipicu secara otomatis karena masalah dengan "batas dorong" roket, menambahkan bahwa itu telah ditangani dan bahwa perusahaan akan melakukan upaya lain.

Sebelumnya, uji coba prototipe pendahulu SN10 Starship, SN8 dan SN9 juga berakhir dengan ledakan saat mencoba pendaratan vertikal selama penerbangan. Menurut SpaceX, kemampuan pendaratan tegak "akan memungkinkan sistem transportasi yang sepenuhnya dapat digunakan kembali yang dirancang untuk membawa awak dan kargo dalam jangka waktu lama," termasuk untuk "penerbangan antarplanet" dan "perjalanan ke Mars dan sekitarnya."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini