Petani Aceh Utara Diimbau Manfaatkan Asuransi Pertanian

Agustina Wulandari , Okezone · Jum'at 26 Maret 2021 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 1 2384421 petani-aceh-utara-diimbau-manfaatkan-asuransi-pertanian-jGk6JHdyPB.jpeg Foto : Dok.Kementan RI

ACEH UTARA – Kementerian Pertanian mengimbau para petani di Aceh Utara untuk memanfaatkan asuransi pertanian. Terlebih, Sekitar 80 hektare lahan pertanian di Desa Ceut Dah, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, terancam gagal panen akibat kekeringan.

Akibat kekeringan ini, petani mengalami gagal panen. Sebagian tanaman bahkan kosong karena kekurangan air. Petani pun mengalami kerugian ratusan juta rupiah dari biaya garap sawah dan pemeliharaan yang telah dikeluarkan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, cara terbaik untuk menjaga lahan pertanian adalah memanfaatkan asuransi.

"Asuransi adalah bagian dari mitigasi bencana yang bisa membuat petani tenang dalam beraktivitas. Dengan mengasuransikan lahan, petani tidak akan menderita kerugian," katanya, Kamis (25/3/2021).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan asuransi tidak akan memberatkan petani. 

"Pemerintah memberikan perhatian serius terhadap program asuransi. Bahkan, pemerintah juga memberikan subsidi sehingga premi yang harus dibayarkan petani menjadi lebih ringan lagi," ujarnya.

Ia menambahkan, di tahun ini pemerintah berusaha menggenjot jumlah petani yang memanfaatkan asuransi. 

"Pemerintah berusaha agar petani yang memanfaatkan program ini bisa terus meningkat. Karena dengan asuransi, produksi pertanian akan selalu terjaga," katanya.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini