Tarekat Naqsabandiyah Sudah Laksanakan Puasa Ramadhan Hari Ini

Rus Akbar, Okezone · Senin 12 April 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 340 2393334 tarekat-naqsabandiyah-sudah-laksanakan-puasa-ramadhan-hari-ini-et2EN3XyRt.JPG Tarekat Naqsabandiyah saat gelar salat tarawih (Foto: MPI/Rus Akbar)

PADANG - Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat terutama di Padang memastikan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada Senin (12/4/2021) hari ini.

Penetapan tersebut tidak menunggu dari keputusan pemerintah, hal itu dikatakan Sekretaris Tarekat Naqsyabandiyah Padang, Edizon Revindo, saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Menurutnya, penghitungan jatuh bulan puasa ini memakai kalender Hisab Munjid, dan setiap tahun selalu puasa lebih cepat lima hari dari tahun sebelumnya.

“Tahun lalu kita mulai puasa pada hari Kamis, maka tahun ini dihitung lima hari dari hari Kamis berarti puasa jatuh pada hari Senin nanti,” ungkapnya.

Kalau pemerintah kata Edizon, hari Senin itu baru melihat hilal terlebih dahulu belum ada penetapan, sementara Muhammadiyah sendiri telah menetapkan puasanya pada hari Selasa 13 April. “Kita lebih cepat satu hari dari Muhammadiyah,” terangnya.

Sebagai pertanda mulai puasa, sejak Minggu 11 April, Tarekat Naqsabandiyah sudah mulai shalat tarawih seperti di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Pauh Padang.

“Saat ini ada sekitar 2.500 jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang tersebar di berbagai daerah di Sumbar. Jumlah itu tersebar di Padang, Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan, Payakumbuh dan lainnya. Jika awal Ramadhan dimulai pada Senin, maka hari raya Idul Adha nantinya juga jatuh pada hari Senin,” ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini