Sosok Kartini Bisa Jadi Teladan Perempuan di Era Milenial dalam Aktualisasi Diri

Priyo Setyawan, Koran SI · Rabu 21 April 2021 05:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 510 2398134 sosok-kartini-bisa-jadi-teladan-perempuan-di-era-milenial-dalam-aktualisasi-diri-fgwYyqzUJw.jpg Perempuan sedang menari Kebyar (Foto: Priyo Setyawan)

SLEMAN - Bupati Sleman Kustini mengatakan perempuan di era millenial memiliki kesempatan yang luas dalam mengaktualisasikan dirinya melalui berbagai karya. Kesempatan ini didukung dengan perkembangan teknologi yang bisa diakses oleh setiap orang.

"Kemudahan akses internet dan teknologi, membuat perempuan di era milenial ini semakin bebas berkarya," kata Kustini saat Dialog Budaya dan Gelar Seni ‘Nyalakan Api Semangat Kartini, Visi Generasi Milenial’ di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (20/4/2021).

Baca Juga:  Rayakan Hari Kartini Sambil Ngabuburit dengan Bersepatu Roda & Kenakan Kebaya

Selain itu, melalui literasi, generasi millenial juga dapat memiliki banyak ide dan pemikiran-pemikiran brilian sehingga mampu terus berkarya di bidang yang ditekuni. Menurut Kustini, dalam mengaktualisasikan diri, perempuan dapat menjadikan sosok Kartini sebagai role model.

"Salah satu hal yang positif dari sosok Kartini yang patut dicontoh dan memang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari pada saat ini, yakni Kartini adalah seorang penggila aktivitas literasi," ujarnya.

Baca Juga:  UEA Pilih Perempuan Arab Pertama untuk Berlatih Sebagai Astronot

Penghageng Tepas Tandha Yekti Keraton Yogyakarta, GKR. Hayu menjelaskan di era saat ini, perempyan bukan dituntuk untuk mewujudkan kesetaraan gender namun juga harus mampu menunjukkan keahlian dan ketrampilannya. Sehingga diperlukan komitmen bersama.

Selain dialog, dalam acara tersebut juga ditampilkan berbagai jenis kebaya nusantara dan tari kebyar.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini