Mayor Whilly, ABK KRI Nanggala-402 yang Doyan Tempe Bacem

Solopos.com, · Selasa 27 April 2021 05:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 512 2401254 mayor-whilly-abk-kri-nanggala-402-yang-doyan-tempe-bacem-24e9VRoRfj.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

KLATEN - Salah satu ABK KRI Nanggala-402, Mayor Laut Whilly memiliki hubungan yang sangat dekat dengan budenya yang berdomisili di Barepan Etan RT 008/RW 004, Desa Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten.

Meski bukan warga kelahiran Barepan, tapi Whilly sering berkunjung ke Barepan karena leluhurnya berasal dari desa tersebut. Hal itu diungkapkan Sri Suwanti (65) yang menjadi bude dari Mayor Laut Whilly.

Dalam pesan berantai melalui Whatsapp Group (WAG) di Kabupaten Bersinar sempat beredar kabar bahwa Mayor Laut Whilly merupakan putra daerah Barepan. Sri Suwanti pun mengkonfirmasi bahwa keponakannya itu lahir di Surabaya.

"Saya juga mengetahui info bahwa ada yang mengatakan Whilly kelahirannya di Barepan. Itu salah. Dia itu tinggal di Surabaya. Tapi, setiap tahunnya pasti ke sini, yaitu saat momentun Lebaran [sebelum pandemi Covid-19]. Di sini sering ada acara kumpul keluarga saat Lebaran," kata Sri Suwanti.

Baca juga: Firasat Ibu Serda Setyo Wawan, Menangis Tanpa Sebab Sebelum KRI Nanggala-402 Hilang Kontak

Sri Suwanti mengatakan Whilly merupakan anak dari adik kandungnya yang bernama Harsono. Whilly memiliki dua adik dengan adik laki-laki seorang prajurit TNI AD dan adik perempuan seorang dokter.

"Ayah saya itu bernama Mbah Ponco. Mbah Ponco ini eyangnya Whilly. Rumahnya Mbah Ponco ya di sini. Makanya, di sini sering dijadikan tempat berkumpul saat Lebaran," katanya.

Baca juga: Satu Angkatan di Sesko TNI, Kapolres Jakut Kenang Kolonel Harry Sosok yang Taat Beribadah

Sri Suwanti mengatakan keponakannya merupakan seorang yang pintar. Saat diterima sebagai prajurit TNI AL, Whilly dikenal sangat memahami teknik permesinan kapal.

"Setahu saya, dia memang pandai di bidang mesin. Orangnya santun dan tidak sombong. Saat datang ke Barepan, satu hal yang sering diminta Whilly adalah tempe bacem dan tahu bacem. Sejak kecil, dia suka makanan itu. Saat bertemu dengan saya, pasti menanyakan itu. Saat ini, saya selalu berdoa yang terbaik untuk keponakan saya," katanya.

Ketua RW 008 Barepan Pardiyana 59 menambahkan, Mayor Laut Whilly lahir di Surabaya. Meski seperti itu, sebagian besar warga di Barepan Etan mengetahui Mayor Laut Whilly sering berkunjung ke tempat budenya dan mendiang eyangnya di Barepan, saat momentum Lebaran.

"Budenya di sini panggilannya Bu Wanti. Eyangnya bernama Ponco Pawiro. Saya sendiri juga mengenalnya. Orangnya itu periang dan tidak membeda-bedakan satu dengan yang lainnya," katanya. (fkh)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini