Imbas Kerumunan, Pantai Batu Karas Ditutup hingga Batas Waktu Tak Ditentukan

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Minggu 16 Mei 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 525 2410656 imbas-kerumunan-pantai-batu-karas-ditutup-hingga-batas-waktu-tak-ditentukan-H1weNhRCWj.jpg Foto: Istimewa

BANDUNG - Pemprov Jawa Barat menyatakan bahwa objek wisata Pantai Batu Karas di Kabupaten Pangandaran ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan setelah terjadinya kerumunan warga yang merayakan libur lebaran.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik menjelaskan, keputusan tersebut diambil menyusul membludaknya wisatawan di Pantai Batu Karas sekaligus respons cepat Pemkab Pangandaran terhadap kondisi tersebut.

Menurut Dedi, keputusan diambil berdasarkan hasil koordinasi Disparbud Jabar dan Disparbud Kabupaten Pangandaran. "Penutupan tempat wisata Batukaras dimulai pukul 00.00 WIB sekarang sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. Ini hasil rapat koordinasi dengan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran," tegas Dedi, Minggu (16/5/2021).

Selain penutupan Pantai Batu Karas, lanjut Dedi, rapat koordinasi juga memutuskan bahwa akan ada operasi penyekatan di kawasan Kalipucang dan pintu gerbang Pantai Pangandaran untuk mengendalikan wisatawan.

Baca juga: Pantai Batu Karas Pangandaran Dipadati Pengunjung, Susi Pudjiastuti: Semoga Lebih Terkendali

"Upaya lainnya, yakni menggelar rapid test antigen. tidak hanya di Pangandaran, namun juga di sejumlah destinasi wisata lainnya yang menjadi incaran wisatawan," katanya.

Dedi mengakui, berdasarkan hasil pantauan dan laporan yang diterimanya, kunjungan wisatawan di Pantai Batu Karas memang melonjak signifikan. Bahkan, Dedi pun mengakui bahwa tidak sedikit pengunjung mengabaikan protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker.

"Kondisi tersebut membuat petugas gabungan membubarkan pengunjung dan memutar balik ratusan kendaraan yang hendak masuk ke kawasan wisata Pantai tersebut," katanya.

Dedi menekankan, meski keinginan untuk berwisata di momen libur Lebaran tahun ini tinggi, namun masyarakat harus ingat bahwa protokol kesehatan sangat penting karena pendemi Covid-19 belum berakhir.

"Jadi, kami terpaksa menutup sementara tempat wisata di Batu Karas. Kami akan lakukan rapid tes antigen, mudah-mudahan saat pengetesan nanti kasus Covid-19 tidak meningkat secara signifikan," katanya.

Baca juga: Pantai Batukaras bak Lautan Manusia, Netizen: Corona Puter Balik, India Menangis Lihat Ini

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini