Cover yang Tutupi Candi Borobudur Dibuka, Wisatawan Belum Boleh Naik Bangunan

Agregasi KR Jogja, · Jum'at 11 Juni 2021 06:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 512 2423401 cover-yang-tutupi-candi-borobudur-dibuka-wisata-belum-boleh-naik-bangunan-F38y5a6iPT.jpg Proses pembukaan cover di Candi Borobudur. (Foto : krjogja.com)

MAGELANG – Sejak November 2020 atau sekira 7 bulan lalu, puluhan stupa yang ada di Candi Borobudur diberi tutup atau cover dari bahan terpaulin. Pada Kamis (10/6/2021) kemarin, seluruh cover tersebut sudah dilepas.

Pelepasan terpaulin yang selama ini menyelimuti puluhan stupa di Candi Borobudur jauh lebih cepat dan lebih mudah dibanding saat pemasangannya.

“Pelepasan cover sudah dimulai Rabu (9/6/2021). Saat itu ada sekitar 40 stupa sudah dilepas cover terpaulinnya. Kamis (10/6/2021) kegiatan dilanjutkan melepasi cover terpaulin di 30 stupa. Pelepasan dilakukan petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB),” ujar Koordinator Aspek Pemanfaatan Balai Konservasi Borobudur (BKB), Yudi Suhartono, kepada wartawan di Candi Borobudur, melansir krjogja.com.

Baca Juga : Sejarah Candi Borobudur dan Arti Nama di Baliknya

Ia menyebutkan ada beberapa pertimbangan yang diperhatikan BKB. Pihak BKB sudah melakukan koordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) berkaitan dengan perkembangan aktivitas Gunung Merapi akhir-akhir ini, termasuk arah luncuran guguran awan panas dan kemungkinan ke mana arahnya manakala terjadinya hujan abu vulkaniknya. Sedang jarak Gunung Merapi dengan Candi Borobudur sekitar 30 Km.

BKB juga memperhatikan kondisi bangunan Candi Borobudur. Jika ditutupi terpaulin dalam waktu cukup lama, dikhawatirkan dampak terhadap bebatuan candinya. Selama ditutupi, lanjut Yudi, BKB juga tetap terus melakukan pemantauan.

Pertimbangan lain adalah masukan dari banyak pihak berkaitan masyarakat, wisatawan maupun lainnya ingin sekali melihat bangunan Candi Borobudur dalam kondisi utuh, alami tanpa cover dari kejauhan.

“Meskipun seluruh covernya sudah dibuka, pengunjung atau wisatawan tetap belum diizinkan naik ke bangunan Candi Borobudur. Belum diizinkannya pengunjung naik ke bangunan Candi Borobudur diantaranya karena saat ini masih pandemi Covid-19. Di bangunan Candi Borobudur ada beberapa lokasi yang sempit, termasuk jalur untuk naik maupun turun,” ujar Yudi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini