Klaster Pariwisata di Purwakarta, Satu Kampung Lockdown dan Warga Tes PCR

Irwan, iNews · Jum'at 11 Juni 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 525 2423591 klaster-pariwisata-di-purwakarta-satu-kampung-lockdown-dan-warga-tes-pcr-FkSYR7UBVE.jpg Warga di Purwakarta jalani tes swab. (Foto : iNews/Irwan)

PURWAKARTA – Kasus virus corona (Covid-19) di Purwakarta, Jawa Barat, kian meluas. Setelah klaster industri, kini muncul klaster wisata di Purwakarta.

Puluhan warga di perkampungan sekitar lokasi wisata Ujung Aspal Kiarapedes Purwakarta terkonfirmasi positif Covid-19 hasil swab antigen. Petugas langsung melockdown kampung tersebut dan melakukan tes PCR massal dan penyemprotan disinfektan terhadap rumah warga serta fasilitas umum.

Lingkungan perkampungan Pasir Muncang, Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes ini langsung di-lockdown dari oleh petugas Satgas Covid-19 dari kepolisian, TNI, dan puskesmas setempat pada Jumat (11/6/2021) pagi.

Warga dari luar tidak diizinkan masuk ke kampung ini. Selain itu, warga setempat juga dibatasi keluar masuk kampung.

Selain itu, petugas Satgas Covid-19 melakukan tes PCR terhadap semua warga kampong. Selain warga dewasa, tes yang digelar di halaman madrasah dan masjid ini juga terhadap lanjut usia (lansia).

Tak hanya itu, petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan terhadap rumah-rumah warga dan fasilitas umum, seperti tempat peribadatan, madrasah, dan sekolah paud.

Menurut Kepala Puskesmas Kiarapedes, Agus Sugiarto, Jumat (11/6/2021), awalnya ditemukan 8 warga terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian setelah dilakukan tracing kontak erat dengan swab antigen diketahui 26 warga positif. Penyebabnya diduga dari lokasi wisata yang bersinggungan dengan kampung ini.

Baca Juga : 3.018 Pekerja Migran Isolasi di Wisma Atlet Pademangan

Sementara lockdown di kampung ini akan dilakukan selama dua pekan ke depan. Segala aktivitas warga langsung dibatasi. Sedangkan untuk mengetahui hasil tes pcr, petugas akan membawa sampel ke Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat di Bandung.

Lockdown dan tes PCR ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran di Purwakarta, terutama di Kecamatan Kiarapedes. Sementara 26 warga yang terkonfirmasi positif sendiri menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Baca Juga : Tingkat Keterisian di Tower 5 Wisma Atlet Capai 89%

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini