Ganjar Pastikan Stok Oksigen di Jateng Aman, RS Tak Perlu Panik

Taufik Budi, Okezone · Rabu 23 Juni 2021 00:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 512 2429357 ganjar-pastikan-stok-oksigen-di-jateng-aman-rs-tak-perlu-panik-aXGETq8RKS.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Dok Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan, stok oksigen di daerahnya aman. Seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Tengah diminta tak panik soal isu ketersediaan oksigen.

"Bahwa ada peningkatan iya, tapi stok masih cukup, tidak perlu panik. Saya minta rumah sakit jangan panik. Komunikasi saja dengan perusahaan penyedia oksigen, kalau tidak bisa laporkan ke kami biar kami langsung turun tangan," kata Ganjar saat meninjau depo oksigen PT Samator di Kabupaten Semarang, Selasa (22/6/2021).

Ganjar mengatakan, isu kekurangan oksigen akhir-akhir ini sebenarnya hanya karena kepanikan. Dari komunikasi dan pengecekan yang dilakukannya, stok oksigen aman dan siap didistribusikan.

"Kemarin memang ada kendala soal listrik, sudah ditangani. PLN sudah turun dan sudah selesai masalahnya," katanya.

Untuk mengantisipasi kepanikan serupa, Ganjar meminta seluruh rumah sakit rujukan di Jateng menghitung kebutuhan oksigen. Proyeksikan kebutuhannya dan langsung melaporkan pada Dinas Kesehatan.

Baca Juga : Antre Vaksinasi Covid-19, Warga Semarang Malah Bergerombol

"Rata-rata rumah sakit sudah punya hubungan sendiri, kontrak sendiri. Tolong kontraknya diperbaiki, kalau kapasitasnya kurang ya ditambah. Saya minta rumah sakit jangan hanya menunggu, harus inisiatif. Kalau transporternya kurang, ya ambil sendiri," ucapnya.

Pihaknya sudah memastikan bahwa PT Samator siap mencukupi kebutuhan oksigen di Jawa Tengah. Meski memang ada peningkatan, namun pihak Samator sudah mengambil tambahan suplai dari Jabar dan Jatim.

"Ini hanya butuh komunikasi saja, bahwa ada peningkatan iya, tapi sekarang bagaimana agar pengiriman bisa tepat waktu, kan butuh order, butuh kejelasan kapasitas, butuh transportasinya. Jadi ini yang saya minta diatasi," tuturnya.

Sementara itu, GM PT Samator Jateng, Julianto mengatakan pasokan oksigen Jateng masih aman. Meski begitu, pihaknya meminta agar rumah sakit memberikan informasi detail tentang berapa kebutuhan yang harus dicukupi.

Baca Juga : Jokowi Ultah, Ganjar: Terus Semangat, Berkarya dan Gemati pada Rakyat

"Selama ini kan kami tidak tahu informasinya, tahu-tahu peningkatannya cukup tinggi. Namun untuk kondisi sekarang masih tercukupi. Nanti kalau kurang kami juga sudah antisipasi dengan mendatangkan beberapa isotank ke sini," ucap Julianto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini