Stok Pabrik Oksigen Kosong, 21 Rumah Sakit di Karesidenan Madiun Kebingungan

Arif Wahyu Efendi, iNews · Sabtu 17 Juli 2021 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 340 2442146 stok-pabrik-oksigen-kosong-21-rumah-sakit-di-karesidenan-madiun-kebingungan-5Xgo89bWGR.jpg Ilustrasi.(Foto:Dok Okezone)

MADIUN - Tingginya permintaan serta kebutuhan oksigen oleh kalangan medis, membuat stok oksigen di pabrik oksigen PT Samator Madiun kosong sejak hari Jumat (16/7/2021).

Imbasnya, sebanyak 21 rumah sakit (RS) yang ada di Karesidenan Madiun binggung. Mereka tetap mengantre tabung untuk diisi meski stok pabrik tidak ada lagi.

PT Samator Madiun memasang tulisan pemberitahuan di luar pabrik bahwa gas oksigen di tempat pengisian ini telah habis.

Suasana di dalam pabrik pengisian juga terlihat lengang, tak ada aktivitas, yang ada hanya deretan tabung kosong milik sejumlah rumah sakit dari sekitar Madiun raya.

Baca Juga: Kebutuhan Mendesak, Industri Percepat Pasok Oksigen Medis

Padahal PT Samator Madiun sudah meningkatkan produksi oksigennya, dari semula hanya 1,5 ton atau sekitar 350 tabung perhari, kini naik drastis mencapai 7 ton atau sekitar 1500 tabung ukuran 6 meter kubik setiap harinya.

Hal itu terjadim karena tingginya permintaan kebutuhan oksigen medis akibat melonjaknya angka positif Covid-19 di wilayah Mataraman.

Kepala Cabang PT Samator Madiun, Nanda Prasojo mengatakan, hingga Sabtu (17/7/2021) pagi pasokan oksigen dari pabrik Samator pusat memang belum tiba.

"Dalam waktu dekat pasokan oksigen untuk Samator Madiun akan kembali datang, dan segera didistribusikan ke rumah sakit yang ada di Karesidenan Madiun," ujarnya.

PT Samator Madiun memasok oksigen di rumah sakit yang ada di 5 kota/kabupaten Karesidenan Madiun, di antaranya Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Ngawi, Magetan dan Ponorogo.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan PT Samator pusat guna mencukupi kebutuhan oksigen, terutama untuk medis atau rumah sakit di wilayah Karesidenan Madiun," pungkasnya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini