Raih Keuntungan Lebih Besar Dengan Menguasai Bahasa Inggris

Karina Asta Widara , Okezone · Rabu 21 Juli 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 1 2443769 raih-keuntungan-lebih-besar-dengan-menguasai-bahasa-inggris-1JPqWwj1vu.jpg Foto: Dok Cambridge Assesment English

Apa pun karir yang ingin Anda ikuti, apa pun yang Anda ingin pelajari di universitas dan ke mana pun Anda ingin pergi di dunia, ada satu keterampilan yang akan memberi Anda keuntungan besar – Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris adalah bahasa dunia. Ini adalah bahasa perdagangan dan industri internasional, penelitian ilmiah, kolaborasi profesional, dan pendidikan tinggi internasional. Bahasa Inggris juga bahasa yang dominan di internet dan industri global dan internasional.

Sederhananya, jika Anda tidak memiliki bahasa Inggris yang baik, Anda berada pada kerugian besar. Misalnya, survei oleh Cambridge Assessment English dan organisasi riset QS menemukan bahwa 75% pengusaha di seluruh dunia menganggap keterampilan bahasa Inggris sebagai hal penting untuk kesuksesan mereka dan banyak dari pengusaha ini khawatir bahwa tenaga kerja mereka tidak mencapai tingkat yang diperlukan.

Semua orang membutuhkan bahasa Inggris, dan Indonesia membuat kemajuan besar dalam memberikan generasi berikutnya awal yang jauh lebih baik dalam bahasa tersebut. Tapi bahasa Inggris seperti apa yang kita butuhkan? Level berapa? Dan bagaimana kita bisa membuktikan bahwa kita dapat menggunakan bahasa Inggris?

Para ahli dari Cambridge Assessment English, departemen nirlaba dari University of Cambridge memiliki jawaban yang jelas untuk pertanyaan-pertanyaan ini.

Bahasa Inggris seperti apa?

Haruskah Anda fokus pada bahasa Inggris Amerika atau Inggris Inggris? Apakah membaca lebih penting daripada berbicara, atau haruskah Anda berkonsentrasi pada menulis? Menurut Cambridge Assessment, jawabannya adalah bahwa bahasa Inggris adalah bahasa dunia, dan Anda perlu mempersiapkan diri untuk keragaman. Ini berarti Anda harus terbiasa tidak hanya dengan aksen Inggris dan Amerika, tetapi juga dengan bahasa Inggris Australia dan bentuk lain. Dan daripada berfokus hanya pada satu atau dua keterampilan, Anda perlu menguasai keempat keterampilan – mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Level apa yang harus kita tuju?

Tidak ada jawaban sederhana untuk ini, kecuali mengatakan bahwa semakin tinggi level Anda, semakin besar peluang yang terbuka untuk Anda. Apa pun level Anda, hal terpenting adalah memastikan bahwa Anda dapat menggunakan apa yang Anda ketahui untuk berkomunikasi secara efektif dalam situasi kehidupan nyata. Kerangka Acuan Umum Eropa adalah yang bagus untuk membantu memahami tingkat yang berbeda dan apa yang dapat Anda lakukan dalam bahasa Inggris pada setiap tingkat.

 

Bagaimana kita bisa membuktikan bahwa kita telah menguasai bahasa Inggris?

Sertifikat internasional adalah cara terbaik untuk membuktikan keahlian Anda kepada universitas, pemberi kerja, otoritas imigrasi, dan organisasi lainnya. Berbagai tes yang berbeda tersedia. Kebanyakan adalah tes multi-level yang memberikan indikasi langsung tentang level Anda, dan Cambridge Assessment English telah meluncurkan tes baru yang disebut Linguaskill, tes akurat dengan hasil cepat, yang terbukti populer di kalangan pengusaha di seluruh dunia.

Namun, jika Anda ingin menguasai bahasa Inggris, Cambridge English Qualifications menawarkan sesuatu yang istimewa. Mereka dirancang dengan cermat oleh para ahli di Cambridge, menggunakan penelitian dan teknologi mutakhir untuk memastikan bahwa mereka membantu orang belajar bahasa Inggris dan membuktikan keterampilan mereka kepada dunia.

Itu adalah kualifikasi mendalam yang mengembangkan keterampilan Anda dalam mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam situasi yang realistis, dan menampilkan berbagai aksen untuk membantu Anda berbicara dengan orang-orang dari seluruh dunia. Diambil oleh jutaan orang setiap tahun, dan khususnya di tingkat yang lebih tinggi, mereka diterima oleh universitas, pengusaha, dan pemerintah di seluruh dunia. Di Indonesia, dapat diambil melalui jaringan Pusat Ujian Bahasa Inggris Cambridge Resmi di seluruh negeri. CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini