Agen Perbatasan Sita 15 Siput Raksasa, Sebabkan Meningitis

Susi Susanti, Koran SI · Jum'at 23 Juli 2021 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 18 2444778 agen-perbatasan-sita-15-siput-raksasa-sebabkan-meningitis-qf0EcykYYM.jpg Siput raksasa (Foto: BBC)

TEXAS - Siput hidup, daun segar, dan seperempat pon daging sapi ditemukan bulan ini - bukan di piring atau toko kelontong tetapi di dalam bagasi di bandara Texas.

Seorang penumpang yang tiba dari Nigeria awalnya mengungkapkan daging sapi kering di kopernya, sebelum menambahkan informasi 15 siput tanah raksasa Afrika.

Siput yang diserahkan ke Departemen Pertanian AS (USDA) ini diketahui dapat menyebabkan meningitis pada manusia.

Mereka ilegal untuk dimiliki di AS tanpa izin. Siput tanah raksasa Afrika adalah salah satu siput yang paling merusak di dunia.

(Baca juga: Orang-Orang Bersatu Padu di Medsos Bantu Korban Banjir)

Siput ini membawa parasit dengan nama yang agak mengancam: rat lungworm. Parasit ini dapat menyebabkan meningitis, penyakit peradangan yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Lebih dari 2.800 kasus penyakit ini telah dilaporkan di 30 negara. Dalam kebanyakan kasus, orang yang terinfeksi memiliki gejala ringan, seperti sakit kepala, leher kaku, dan mual - atau tidak ada gejala sama sekali.

Siput ini juga berpotensi menjadi ancaman serius bagi lingkungan, merusak ekosistem dan bangunan lokal. Mereka diketahui memakan setidaknya 500 jenis tanaman, tetapi jika buah-buahan dan sayuran tidak tersedia, mereka dapat beralih ke kulit pohon dan bahkan memakan cat atau plesteran di rumah.

(Baca juga: Pilot Memuji Pengintai Pesawat karena Selamatkan Nyawanya)

Mereka juga terkenal sebagai ‘tamu yang keras kepala’, begitu mereka tiba, mereka sulit untuk disingkirkan.

Menurut USDA, spesies ini pertama kali ditemukan di AS, di Florida selatan, pada 1960-an. Butuh 10 tahun dan dan dana sebesar USD1 juta (Rp14,5 miliar) untuk membasmi mereka.

Pada 2011, siput kembali ke Florida, dan upaya untuk menghilangkannya kembali dilakukan. Prosesnya bisa menjadi perlombaan melawan sistem reproduksi siput yang cepat. Seekor siput Afrika raksasa dapat menghasilkan sekitar 1.200 telur dalam setahun.

Penemuan agen perbatasan Houston adalah salah satu dari sekitar 250 hama yang ditemukan setiap hari di pelabuhan masuk AS.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini