Gubernur Kalteng Harapkan 100 Persen Masyarakat Divaksin Target Paling Lambat Akhir November

Agustina Wulandari , Okezone · Kamis 05 Agustus 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 1 2451346 gubernur-harap-70-persen-masyarakat-kalteng-sudah-divaksin-akhir-oktober-2021-kBod3sr13C.jpg Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Lapangan Sanaman Mantikei, Palangka Raya. (Foto: Dok.Pemprov Kalteng)

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menargetkan 100 persen masyarakat Kalteng mendapatkan vaksin Covid-19. Ini berlaku paling lambat hingga akhir November 2021 mendatang.

“Saya berharap setidaknya 100 persen dari masyarakat Kalimantan Tengah dapat divaksinasi paling lambat akhir November 2021," ucap Gubernur saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Lapangan Sanaman Mantikei, Palangka Raya, Kamis (5/8/2021).

Pemprov Kalteng berusaha mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) melalui vaksinasi. Gubernur berharap, animo dan kesadaran masyarakat Kalteng untuk melaksanakan vaksinasi yang cukup tinggi ini dapat terpenuhi dengan ketersediaan stok vaksin dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Pasokan Vaksin Terkendala, Target Herd Immunity di Jatim Terancam Meleset

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini mengajak masyarakat Kalteng di manapun berada untuk segera mengikuti vaksinasi di setiap kesempatan yang ada.

“Jangan percaya dengan berbagai hoaks yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Vaksin ini aman dan halal," katanya.

Lebih lanjut, Gubernur mengatakan bahwa vaksin memang tidak bisa mencegah sepenuhnya orang tidak terkena Covid-19. Namun, fakta menununjukkan bahwa mereka yang sudah mendapat vaksinasi lengkap dua dosis hanya mengalami gejala ringan dan lebih cepat pulih jika terkena Covid-19.

“Seperti halnya sabuk pengaman di mobil, tidak sepenuhnya bisa menghindarkan pengemudi dari cedera saat terjadi kecelakaan, tetapi umumnya mereka mengalami cedera yang ringan dibandingkan mereka yang tidak memakainya," ujarnya.

Adapun target vaksin serentak di seluruh faskes kabupaten/kota hari ini adalah sekitar 25.000-30.000 orang. Turut Hadir dalam peninjauan, yaitu Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedy Prasetyo, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Pj Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin, serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait.

(CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini