Ungkapan Kesedihan Istri Terkait Kepergian KGPAA Mangkunegara IX

Wahyu Endro, iNews · Minggu 15 Agustus 2021 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 512 2455934 ungkapan-kesedihan-istri-terkait-kepergian-kgpaa-mangkunegara-ix-GXMv4NScHU.jpg )Keluarga KGPAA Mangkunegara IX melakukan ziarah setelah prosesi pemakaman selesai di Astana Girilayu. Karanganyar, 15 Agustus 2021. (Foto: Solopos)

KARANGANYAR – Istri KGPAA Mangkunegara IX, Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX mengungkapkan kehilangan mendalam atas wafatnya sang suami. Dia mengatakan bahwa tidak ada firasat ataupun pesan khusus yang disampaikan almarhum sebelum meninggal, hanya permintaan untuk terus melestarikan dan memajukan kesenian dan kebudayaan.

Jenazah KGPAA Mangkunegara IX dimakamkan di Astana Girilayu, Karanganyar, Jawa Tengah pada Minggu (15/8/2021) siang. Almarhum dimakamkam di sebela timur makam orangtuanya, Mangkunegoro VIII.

BACA  JUGA: Kisah Mangkunegara IX Nikahi 2 Wanita, Salah Satunya Putri Bung Karno 

Pemakaman dilakukan secara terbatas dengan hanya dihadiri oleh keluarga, kerabat dekat serta abdi dalem.

Didampingi putrinya, Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX tampak tegar menghantarkan kepergian sang suami. Bahkan seusai pemakaman Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX, yang bernama asli Prisca Marina Haryogi Supardi, juga menyempatkan diri berfoto bersama para kerabat di samping pusara KGPAA Mangkunegara IX.

Menurut Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX, tidak ada firasat dan pesan khusus yang disampaikan almarhum sebelum meninggal. Dia mengatakan bahwa pesan mendiang hanya disampaikan lewat perbuatan atau contoh kepada keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: KGPAA Mangkunagoro IX Pandai Menyembunyikan Rasa Sakit 

“Semua kebersamaan dengan mendiang adalah kenangan indah yang tak tergantikan,” kata Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro IX.

Terkait suksesi Mangkunagoro selanjutnya, pihak puromangkunegaran masih enggan menyampaikan.

Untuk diketahui KGPAA Mangkunegara IX memiliki empat orang anak, dua dari pernikahannya dengan Sukmawati Soekarnoputri yang berakhir pada 1984, yaitu G.P.H. Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara dan G.R.A. Putri Agung Suniwati. Dua anak lagi dari pernikahannya saat ini, yaitu G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan G.R.A. Ancillasura Sudjiwo.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini