Curah Hujan di Bandung Raya Diprediksi Naik 40%, Waspada Banjir dan Longsor!

Arif Budianto, Koran SI · Senin 30 Agustus 2021 04:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 525 2463015 curah-hujan-di-bandung-raya-diprediksi-naik-40-waspada-banjir-dan-longsor-cMWeHWijo0.jpg Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

BANDUNG - Wilayah Bandung raya diprediksi bakal memasuki masa pancaroba pada awal September 2021, di mana terjadi peralihan antara musim kemarau ke musim hujan. Masa pancaroba diprediksi bakal lebih lama, lantaran musim hujan untuk wilayah Bandung Raya diprediksi akan dimulai pada awal Oktober 2021. 

Menurut Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu, sifat musim hujan di wilayah Bandung raya diprediksi bersifat di atas normal (AN). Status ini berpotensi terjadi peningkatan curah hujan antara 20% - 40% lebih tinggi dari kondisi normalnya. 

"Kondisi hujan diatas normal diprediksi akan memicu peningkatan potensi kejadian bencana hidrometeorologi di wilayah Bandung raya. Beberapa potensi kejadian bencana yang mungkin terjadi di antaranya banjir, tanah longsor, hujan es, hingga angin kencang atau puting beliung," beber Teguh, Minggu (29/8/2021). 

Baca juga: Sebagian Wilayah Jakarta Diguyur Hujan Malam Ini

Kondisi peningkatan potensi bencana tersebut diprediksi akan mulai terjadi sejak dasarian II September (tanggal 10 hingga 20)  hingga puncak musim hujan di bulan Januari 2022.

"Kami memprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari 2022," jelas dia.

Secara detail, wilayah Bandung Raya akan memasuki musim peralihan (pancaroba) pada bulan September. Pada dasarian I September, potensi jumlah hari hujan adalah 6 hari, dengan 20% peluang hujan yang terjadi adalah hujan lebat disertai dengan kilat dan angin kencang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini