Ketika Siswa Lupa Perkalian Dasar saat PTM Terbatas

Suharjono, Koran SI · Rabu 15 September 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 510 2471425 ketika-siswa-lupa-perkalian-dasar-saat-ptm-terbatas-0H4cuqDbIG.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

GUNUNGKIDUL - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ( Disdikpora) Gunungkidul mulai menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sejumlah sekolah. Di awal PTM terbatas ini banyak siswa yang lupa beberapa dasar-dasar berhitung seperti perkalian.

Imbasnya guru harus kembali mengulang pembelajaran yang semestinya sudah dipahami siswa. Anik Istiyani, salah satu guru di SDN Playen III mengungkapkan, saat pertama datang ke sekolah pata siswa kondisi senang dan bahagia dengan pertemuan tatap muka. Para siswa nampak ceria mengikuti pembelajaran yang sudah lama tidak dilakukan.

"Namun karena lama tidak melakukan PTM, ada hal- hal yang harus kembali diingatkan dan ditanamkan ulang. Karena banyak yang lupa, seperti perkalian," terangnya kepada MNC Portal Indonesia.

 Baca juga: Tinjau PTM, Nadiem Sebut Sekolah Bisa Jaga Prokes Diterapkan dengan Ketat

Dengan hal ini pihaknya kembali mengulang proses pembelanjaran untuk kembali mengingatkan cara cara dalan perkalian.

"Jadi memang butuh penyesuaian kembali, termasuk belajar anak karena bagaimanapun sangat penting pembelajaran tatap muka untuk transfer pengetahuan," ulasnya.

Baca juga:  Tinjau PTM di SD Pulogadung Jakarta, Nadiem : Jangan Lepas Masker Ya

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Disdikpora Gunungkidul, Ali Ridho mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan edaran ke semua sekolah mengenai PTM terbatas ini. Namun demikian ada aturan mengenai maksimal 50% siswa yang dihadirkan dalam satu sesi kegiatan.

"Kita juga monitor pelaksaan agar sesuai dengan protokol kesehatan," ucapnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini