23 Wisatawan Terjebak, Petugas Bersihkan Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur

Irwan, iNews · Senin 18 Oktober 2021 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 525 2487908 23-wisatawan-terjebak-petugas-bersihkan-eceng-gondok-di-waduk-jatiluhur-1wPaFqAMr0.jpg Foto: Irwan

PURWAKARTA - Perairan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, dipenuhi eceng gondok. Tanaman jenis gulma ini menghampar di sejumlah titik di tengah waduk. Kondisi ini membahayakan para nelayan yang beraktivitas. Bahkan pada Minggu (17/10/2021) sore hingga malam, perahu bawa 23 wisatawan terjebak di tengah waduk.

Menggunakan kapal, petugas Perum Jasa Tirta dua selaku pengelola Waduk Jatiluhur, dibantu warga setempat membersihkan eceng gondok di tengah danau. Kapal berputar-putar memasang tambang untuk menahan eceng gondok agar tidak terbawa ke bendungan. Sementara warga mengangkat satu persatu eceng gondok ke darat.

Menurut warga, keberadaan eceng gondok ini sangat mengganggu aktivitas warga. Selain itu juga membahayakan karena seringkali warga atau nelayan terjebak eceng gondok di tengah waduk.

“Para wisatawan juga terjebak,” ujar Asep, seorang warga.

Baca juga: Tersangkut Eceng Gondok, Perahu Bawa 23 Penumpang Terjebak di Waduk Jatiluhur

Warga berharap pihak terkait terus membersihkan eceng gondok dengan menggunakan alat berat.

Adapun selama 6 jam pada Minggu sore hingga malam, 23 wisatwan terjebak eceng gondok. Saat itu mereka dalam perjalanan pulang dengan menggunakan 2 perahu usai memancing di seberang danau.

(qlh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini