Ahli Waris Takhta Kerajaan Belanda Rayakan Ultah ke-18 Secara Sederhana

Antara, · Selasa 07 Desember 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 18 2513477 ahli-waris-takhta-kerajaan-belanda-rayakan-ultah-ke-18-secara-sederhana-9IEcZUWsC0.jpg Putri Amalia bersama ayahnya, Raja Belanda (Foto: Netherland News Live)

AMSTERDAM - Putri Amalia, yang merupakan ahli waris takhta kerajaan Belanda, pada Selasa (7/12) berulang tahun yang ke-18 tahun dan diperkirakan merayakan hari istimewa itu secara sederhana di kediamannya.

Perayaan sederhana ini sejalan dengan aturan penguncian (lockdown) yang sedang diterapkan di negara juga, juga karena tradisi sederhana yang dianut kerajaan Belanda.

Karena usia Amalia sudah mencapai 18 tahun, putri tertua Raja Willem-Alexander itu secara teoretis sudah bisa menggantikan ayahnya sebagai kepala negara.

Baca juga: PM Belanda: Putri Mahkota Bisa Menikah dengan Wanita dan Menjadi Ratu

Amalia, yang secara resmi bernama Putri Oranye, mengatakan dalam sebuah biografi yang diterbitkan pada November bahwa ia berkomitmen untuk melayani negaranya.

Namun, dirinya masih belum siap dan akan meminta ibunya, Ratu Maxima, untuk bertindak sebagai pemimpin sementara kalau-kalau Willem-Alexander harus segera turun takhta. Tidak ada upacara yang direncanakan digelar untuk menandai momen itu.

Baca juga: Demo Tolak Lockdown di Belanda, 1 SD Dibakar dan 130 Orang Ditahan 

Tetapi, Putri Oranye pada Rabu (8/12) akan diambil sumpah sebagai anggota Dewan Negara Belanda. Dewan itu bertugas memberikan nasihat menyangkut undang-undang dasar.

Amalia disebut-sebut merupakan pelajar teladan. Ia juga bekerja paruh waktu sebagai pramusaji sambil mempersiapkan diri untuk suatu hari melanjutkan takhta kerajaan.

Putri Amalia sebelumnya mengatakan bahwa ia berharap tahun depan bisa bekerja magang di sebuah perusahaan multinasional sebelum mulai memasuki masa kuliah, kemungkinan di Leiden.

Belanda saat ini mengalami gelombang terburuk kasus Covid-19, yang membuat sistem medis negara itu kewalahan.

Pada Minggu (5/12), pusat layanan Informasi Kerajaan menyebutkan bahwa nenek Amalia, mantan ratu Beatrix, 83, terinfeksi Covid-19.

Dalam pernyataan terbuka dan singkat, Raja WIllem-Alexander mengatakan Beatrix, yang sudah divaksin, mengalami gejala ringan dan dalam keadaan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini