Share

Gelar Vaksinasi Usia 6-11 Tahun, Kapolda NTB: Anak-Anak Sudah Rindu Sekolah dan Bermain

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 16 Desember 2021 22:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 340 2518280 gelar-vaksinasi-usia-6-11-tahun-kapolda-ntb-anak-anak-sudah-rindu-sekolah-dan-bermain-Hr5Kj2HM94.jpeg Vaksinasi anak 6-11 tahun digelar di NTB. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Forkopimda Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di empat kabupaten, yakni Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, dan Sumbawa Barat.

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal menyebut, dalam kegiatan tahap pertama ini, setidaknya ditargetkan 240.281 dosis vaksin diberikan kepada anak-anak. Terkait hal itu, Iqbal telah meminta kepada jajarannya untuk membantu Dinas Kesehatan (Dinkes) dan menggandeng sekolah-sekolah.

"Anak-anak kita ini harus kita berikan perlindungan agar mereka bisa beraktivitas seperti biasa tanpa membuat orang tua khawatir. Kita tahu anak-anak juga merindukan sekolah tatap muka dan bermain dengan teman-temannya, maka itu vaksinasi terhadap mereka diharapkan memberikan perlindungan dari Covid-19," kata Iqbal saat menyaksikan kick off vaksinasi anak di Praya, Lombok Tengah, Kamis (16/12/2021). 

Menurut eks Kadiv Humas Polri itu, anak-anak termasuk kelompok rentan tertular Covid-19. Iqbal mencatat setidaknya terdapat 1.697 anak usia 0-14 tahun terjangkit Covid-19 berdasarkan laporan Dinkes NTB per 13 Desember 2021, di mana 16 di antaranya meninggal dunia. Karena itu, Iqbal menilai vaksinasi terhadap anak-anak ini sangat penting. 

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Modal Besar Percepat Proses Pembelajaran

"Dengan vaksinasi, kami mengharapkan anak-anak kita terhindar dari sakit berat apabila terinfeksi Covid-19. Kami juga ingin anak-anak memiliki kekebalan sehingga tidak menularkan Covid kepada orang tua yang memiliki risiko komorbid misalnya," ujar Iqbal.

Ia juga mengingatkan bahwa NTB merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun internasional.

Sedangkan di sisi lain, NTB juga perlu melindungi masyarakatnya agar terhindar dari Covid-19. Terlebih saat ini varian Omicron, yang secara studi sementara memiliki tingkat penularan yang tinggi, menjadi perhatian Pemerintah Pusat.

Oleh karena itu, Iqbal juga mengajak para orang tua proaktif mendorong anak-anaknya untuk menerima vaksinasi. Iqbal meyakini vaksinasi terhadap kelompok anak merupakan pelengkap agar NTB terbebas dari Covid-19.

"Jadi ketika masyarakat umum divaksin, kelompok lansia divaksin, dan anak-anak juga mendapatkan hal yang sama, maka NTB secara holistis diharapkan mampu menyelesaikan status pandemi Covid-19 ini," ucap Iqbal.

Pada kesempatan pertama vaksinasi anak-anak ini, Polda NTB bersama TNI dan Pemda menyasar empat kabupaten dengan target ke depan mencapai 240.281 dosis. Untuk tahap pertama, Lombok Barat mendapat 90 dosis vaksin, Lombok Tengah 91 dosis, Lombok Utara 92 dosis, dan Sumbawa Barat 93 dosis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini