Share

Sejarah Hari Ini: Perusahaan Mainan Wham-O Produksi Frisbee Pertama

Susi Susanti, Okezone · Minggu 23 Januari 2022 01:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 18 2536224 sejarah-hari-ini-perusahaan-mainan-wham-o-produksi-frisbee-pertama-tvkgAS94RI.jpg Permainan Frisbee (Foto: History)

CONNECTICUT - Pada 23 Januari 1957, mesin di perusahaan mainan Wham-O meluncurkan batch pertama dari cakram plastik aerodinamis mereka, yang sekarang dikenal oleh jutaan penggemar di seluruh dunia sebagai Frisbee.

Kisah Frisbee dimulai di Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat (AS) ketika William Frisbie membuka Frisbie Pie Company pada 1871. Para mahasiswa dari universitas-universitas terdekat akan saling melempar kaleng pai kosong, sambil berteriak, “Frisbie!” saat mereka melepaskannya.

Pada 1948, Walter Frederick Morrison dan rekannya Warren Franscioni menemukan versi plastik dari cakram yang disebut "Piring Terbang" yang bisa terbang lebih jauh dan lebih akurat daripada piring pai timah. Setelah berpisah dengan Franscioni, Morrison membuat model yang lebih baik pada 1955 dan menjualnya ke perusahaan mainan baru Wham-O sebagai "Pluto Platter", sebuah upaya untuk menguangkan kegilaan publik atas ruang angkasa dan Unidentified Flying Objects (UFO).

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah, Konferensi Perdamaian Dimulai di Paris Usai Perang Dunia I

Pada 1958, setahun setelah mainan itu dirilis pertama kalinya, Wham-O—perusahaan di balik produk terlaris seperti Hula-Hoop, Super Ball, dan Water Wiggle—mengubah namanya menjadi cakram Frisbee, yang salah mengeja nama perusahaan kue pai bersejarah di sana.

Sementara itu, siswa sekolah menengah di Maplewood, New Jersey, menemukan Ultimate Frisbee, yakni persilangan antara sepak bola, sepak bola dan bola basket, pada 1967.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Penyair dan Kritikus Sastra Dunia Edgar Allan Poe Lahir

Lalu seorang desainer perusahaan, Ed Headrick, mematenkan desain untuk Frisbee modern pada Desember 1967, dan menambahkan band dari pegunungan di permukaan disk yang disebut Rings untuk menstabilkan penerbangan.

Pada 1970-an, Headrick sendiri menemukan Frisbee Golf, yakni ketika cakram dilemparkan ke dalam keranjang logam. Saat ini ada ratusan kursus di AS, dengan jutaan peminat.

Ada juga Freestyle Frisbee, dengan rutinitas koreografi yang disetel ke musik dan beberapa disk dalam permainan, dan berbagai kompetisi Frisbee untuk manusia dan anjing – pemain Frisbee alami terbaik.

Wham-O secara agresif memasarkan Frisbee-playing sebagai olahraga baru dan berhasil menjual lebih dari 100 juta unit mainan terkenalnya pada 1977.

Saat ini, setidaknya 60 produsen memproduksi cakram terbang, yang umumnya terbuat dari plastik dan berdiameter sekitar 20-25 sentimeter (8-10 inci) dengan bibir melengkung. Frisbee resmi dimiliki oleh Mattel Toy Manufacturers, yang membeli mainan tersebut dari Wham-O pada 1994.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini