Share

Libur Panjang Jumlah Penumpang di Bandara Ngurah Rai Meningkat, Capai 10 Ribu

I Gusti Bagus Alit Sidi, iNews · Minggu 27 Februari 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 340 2553736 libur-panjang-jumlah-penumpang-di-bandara-ngurah-rai-meningkat-capai-10-ribu-n1uyQAQVK2.jpg Jumlah penumpang Bandara Ngurah Rai meningkat saat libur panjang. (iNews/I Gusti Bagus Alit)

BADUNG โ€“ Libur panjang peringatan Isra Miraj pada akhir pekan ini berdampak signifikan terhadap lonjakan pergerakan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (27/2/2022). Para penumpang umumnya didominasi wisatawan domestik dari berbagai kota besar di tanah air dengan bertujuan berlibur ke bali.

Peningkatan arus pergerakan penumpang juga dipengaruhi pelonggaran yang dilakukan pemerintah terkait syarat perjalanan jika pelaku perjalanan udara telah melakukan vaksinasi dosis lengkap.

Menurut Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, sesuai prediksi pengelola, puncak lonjakan penumpang terutama di terminal kedatangan domestik terjadi pada Sabtu 26 Februari 2022 dengan mencatatkan jumlah 10.907 orang penumpang.

Dengan demikian, sudah dua hari berturut-turut jumlah penumpang yang masuk Bali di atas angka 10 ribu. Sebelumnya pada Jumat, 25 Februari 2022, jumlah penumpang menembus angka 10.614 orang.

Menurutnya, pengelola Bandara Ngurah Rai memperkirakan lonjakan kedatangan penumpang diprediksi kembali berlangsung pada pertengahan pekan mendatang atau sebelum perayaan Hari Raya Nyepi. Itu karena biasanya banyak masyarakat bali yang selama ini tinggal di luar daerah ingin merayakan Nyepi bersama keluarganya di Bali.

BACA JUGA:Jelang Libur Nyepi, Wisatawan Padati Penyeberangan Sanurย 

โ€œMinggu ini sudah terlihat peningkatan. Kita masih menunggu minggu depan apa trafik meningkat,โ€ ujarnya.

Jika di terminal kedatangan domestik terjadi lonjakan penumpang dalam 2 hari berutur-turut, hal berbeda tampak di terminal keberangkatan domestik. Tidak ada lonjakan penumpang yang signifikan. Pengelola Bandara Ngurah Rai mencatat pergerakan penumpang yang keluar pulau Bali masih landai di kisaran 6 ribu orang penumpang per hari.

Lonjakan arus balik wisatawan atau penumpang melalui terminal keberangkatan domestik diprediksi baru berlangsung pekan depan usai Nyepi dengan pergerakan penumpang sekitar 10-11 ribu orang per harinya.

Meski syarat perjalanan udara telah diperlonggar, pengelola Bandara Ngurah Rai mengimbau para penumpang untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini