Share

Ketika Ibu Negara AS Jill Biden Mendadak ke Ukraina, Temui Istri Zelensky

Agregasi VOA, · Senin 09 Mei 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 18 2591247 ketika-ibu-negara-as-jill-biden-mendadak-ke-ukraina-temui-istri-zelensky-edoyJIFCoG.jpg Ibu Negara AS Jill Biden bertemu ibu negara Ukraina Olena Zelenska. (Foto: Reuters)

UZHHOROD - Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Jill Biden melakukan kunjungan mengejutkan ke Ukraina. Jill Biden bertemu dengan Ibu Negara Ukraina Olena Zalenska.

Mereka bertemu di sebuah sekolah yang telah berubah fungsi menjadi tempat penampungan bagi mereka yang melarikan diri dari aksi kekerasan dan pemboman Rusia di berbagai belahan negara itu.

Jill Biden mengunjungi para pengungsi Ukraina yang melarikan diri dari rumah mereka ke Slovakia. Setelah itu, dia menyeberangi perbatasan Slovakia-Ukraina menuju kota Uzhhorod di sudut barat daya negara itu.

Zalenska, yang merupakan istri Presiden Rusia Volodymyr Zelenskyy, telah bersembunyi bersama kedua anak mereka sejak dimulainya invasi Rusia ke negara itu 10 minggu lalu.

Tepat di Hari Ibu itu Jill Biden dan Olena Zalenska saling menyerahkan karangan bunga dan berpelukan, sebelum melangsungkan pertemuan di sebuah ruang kecil di tempat penampungan itu.

“Saya ingin datang pada Hari Ibu,” ujar Jill.

“Kami kira merupakan hal penting untuk menunjukkan pada rakyat Ukraina bahwa perang ini harus dihentikan, dan bahwa perang ini sangat brutal. Rakyat Amerika berdiri bersama rakyat Ukraina,” tambahnya.

“Kami merasakan hal itu,” ujar Zelenska.

“Pertama-tama saya ingin menyampaikan terima kasih atas langkah sangat berani yang diambil karena kami memahami risiko yang harus diambil ibu negara untuk datang ke sini saat perang, ketika aksi militer berlangsung setiap hari, di mana sirine terdengar setiap hari, bahkan hari ini,” ujarnya.

“Kami merasakan dukungan Anda dan kepemimpinan presiden Amerika, tetapi ingin sekaligus menekankan bahwa Hari Ibu merupakan hari yang sangat simbolis bagi kami, karena kami juga merasakan cinta dan dukungan Anda pada hari yang penting ini,” kata Zelenska. 

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan selama beberapa pekan terakhir ini Jill sebelumnya telah berkomunikasi dengan Olena.

Demi alasan keamanan, lawatan ibu negara AS ini tidak diumumkan sebelumnya, termasuk dalam jadwal publiknya. Iring-iringan mobil yang membawa Jill Biden diperkecil untuk melakukan perjalanan ke Ukraina, sementara sebagian staf tetap tinggal di Slovakia.

Jill Biden dan Olenska Zalenska berbicara secara tertutup selama lebih dari satu jam, dan kemudian bergabung dengan anak-anak di pusat penampungan yang melakukan seni kerajinan, dengan membuat beruang dari kertas tissue dan karton.

Lawatan seorang ibu negara Amerika ke zona perang merupakan hal yang tidak biasa, meskipun pernah terjadi sebelumnya. Laura Bush pernah melakukan perjalanan ke Afghanistan pada tahun 2005 dan 2008. Sementara Michelle Obama mengunjungi Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar, yang telah ditetapkan sebagai zona tempur. Al Udeid digunakan sebagai lokasi operasi militer Amerika di Timur Tengah. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini