Share

Berbagi Kebahagiaan Perayaan Ratu Elizabeth 70 Tahun Berkuasa, Kedutaan Inggris Tanam Pohon Gaharu

Susi Susanti, Okezone · Selasa 17 Mei 2022 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 18 2595677 berbagi-kebahagiaan-perayaan-ratu-elizabeth-70-tahun-berkuasa-kedutaan-inggris-tanam-pohon-gaharu-fouhDBDRPx.jpg Ratu Elizabeth menanam pohon (Foto: PA Media)

JAKARTA - Ratu Inggris Elizabeth II merayakan 70 tahun tahta yang luar biasa tahun ini, lebih lama dari raja mana pun dalam sejarah Inggris. Dikenal dengan memiliki rasa tanggung jawab yang tenang dan pengabdian seumur hidup, Ratu Elizabeth II telah menjadi tokoh penting bagi Inggris dan 15 negara lain selama masa perubahan sosial yang sangat besar.

“Platinum Jubilee” tengah dirayakan di seluruh Inggris dan di seluruh dunia, dengan puncak perayaan pada Juni mendatang. Mencerminkan cinta Yang Mulia Ratu terhadap alam dan fakta bahwa ia telah menanam lebih dari 1500 pohon selama masa pemerintahannya, masyarakat Inggris didorong untuk bergabung dalam perayaan dengan 'menanam pohon untuk Jubilee.' Satu juta pohon yang luar biasa telah ditanam di seluruh Inggris sebagai bagian dari inisiatif “Queen’s Green Canopy” (QGC)

Tak ingin ketinggalan, kemeriahan perayaan pun dilakukan Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Indonesia. Menurut rencana, Kedubes Inggris akan mengundang media di Indonesia untuk meliput kegiatan “Penanaman Pohon” pada esok hari Rabu (18/5/2022) dari pukul 15.30-16.30 di Kedutaan Besar Inggris Jakarta. Menurut siaran pers yang diterima Okezone.com, acara penanaman pohon ini akan dilanjutkan dengan tradisi minum teh di sore hari.

Baca juga: Peringati 70 Tahun Bertakhta, Ratu Elizabeth II Gelar Lomba Masak hingga Parade Berkuda

Adapun pohon yang akan ditanam yakni pohon gaharu, yang dikenal dengan nama “Agarwood” yang akan ditanam di halaman Kedubs Inggris di Jakarta. Penanaman akan dilakukan Wakil Duta Besar Inggris Rob Fenn.

Baca juga: Hari Ini, Boneka Barbie Ratu Elizabeth Dirilis Lengkap dengan Tiara yang Memukau

Pohon Gaharu – asli Indonesia – dipilih untuk menunjukkan persahabatan yang kuat dan semakin meningkat antara Inggris dan Indonesia serta komitmen kedua negara akan pentingnya perlindungan terhadap hutan-hutan.

Para tamu undangan yang dijadwalkan akah hadir termasuk perwakilan dari alumni program beasiswa terkenal Inggris Chevening yang bekerja di bidang lingkungan dan para Duta Besar negara lain yang dipimpin Ratu sebagai Kepala Negara.
  • Queen’s Green Canopy

Di Inggris, semua orang mulai dari individu hingga kelompok pemuda, desa, kota, kabupaten, sekolah, dan perusahaan telah memainkan peran mereka dengan menanam pohon. Banyak yang telah belajar tentang keberlanjutan dan perlindungan lingkungan saat mereka bergabung – karena situs web memberikan saran tentang pohon mana yang akan ditanam, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat.

Bersama-sama, pohon-pohon ini akan menciptakan warisan abadi untuk menghormati kepemimpinan Ratu Inggris, karena pohon-pohon ini akan bertahan selama ratusan tahun yang akan datang, memberi manfaat bagi generasi mendatang. Pandemi telah mengingatkan banyak orang tentang pentingnya alam bagi kesehatan dan kesejahteraan mental. Pohon juga memiliki nilai besar bagi satwa liar, memberikan habitat bagi banyak hewan dan tumbuhan.

Bersamaan dengan pohon-pohon baru yang ditanam untuk Queen’s Green Canopy, jaringan Inggris yang terdiri dari 70 kawasan hutan kuno dan 70 pohon-pohon tua telah dipilih untuk merayakan 70 tahun pelayanan Yang Mulia Ratu Inggris.

Kawasan hutan kuno setidaknya berusia ratusan tahun, dan membentuk habitat yang tak ternilai harganya bagi burung dan hewan langka. Proyek ini akan menyoroti pentingnya kawasan hutan tua dan cara merawatnya. Semua hutan ini telah dirawat dengan cara yang benar – dikelola secara aktif untuk memberikan manfaat paling alami.

  • 70 tahun bertahta

Ratu telah menjadi sosok yang sangat dicintai dan dihormati di seluruh dunia. Pemerintahannya yang luar biasa telah melihat perjalanannya lebih luas daripada raja lainnya, melakukan lebih dari 260 kunjungan resmi ke luar negeri, termasuk hampir 100 kunjungan kenegaraan, termasuk ke Indonesia. Ini telah menjadikannya sebagai diplomat terkemuka Inggris yang menegaskan hubungan lama dan membangun koneksi baru. Tidak ada yang pernah melakukan banyak hal seperti yang dilakukan Yang Mulia Ratu Inggris Elizabeth II dalam memperkuat ikatan persahabatan, pengertian dan rasa hormat antara Inggris dan seluruh dunia.

Meskipun perubahan-perubahan luar biasa telah terjadi dalam urusan internasional selama bertahun-tahun, Ratu telah menjadi sumber kontinuitas dan stabilitas. Dengan kekuatannya yang telah melampaui politik dan geografi, Yang Mulia Ratu Inggris Elizabeth II telah menyentuh kehidupan jutaan orang di seluruh dunia.

Pada Juni mendatang, jutaan orang akan merayakan jasanya di Inggris dan di seluruh dunia. The Queen's Green Canopy adalah salah satu dari banyak kegiatan.

Menurut rencana, selama akhir pekan empat hari yang diperpanjang pada Juni, Inggris Raya akan merayakan tonggak sejarah yang luar biasa ini dan pemerintahan Yang Mulia dengan program acara publik yang ekstensif, memadukan arak-arakan tradisional Inggris dengan perayaan komunitas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini