Share

Kemenlu RI: Dubes Inggris Akan Sampaikan Kekecewaan Indonesia Soal Pengibaran Bendera LGBT Ke London

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 24 Mei 2022 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 18 2599488 kemenlu-ri-dubes-inggris-akan-sampaikan-kekecewaan-indonesia-soal-pengibaran-bendera-lgbt-ke-london-bf8N82f0vA.jpeg Ilustrasi bendera LGBT (Foto: Reuters)

JAKARTA  - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Teuku Faizasyah mengungkapkan pihak Kedutaan Besar Inggris akan menyampaikan kekecewaan pemerintah Indonesia ke pemerintah Inggris di London.

Hal tersebut disampaikan Teuku setelah dirinya bertemu dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins pada Senin (23/5/3022) kemarin.

Teuku mengungkapkan pada 23 Mei 2022, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, untuk menyampaikan keprihatinan dan kekecewaan atas pengibaran bendera LGBT+ di Kedutaan Inggris minggu lalu.

"Kemlu menilai tindakan tersebut sangat tidak sensitif dan meminta Kedutaan Besar Inggris dan juga semua perwakilan negara sahabat di Indonesia untuk selalu menghargai nilai-nilai agama, sosial, norma budaya dan keyakinan masyarakat Indonesia," ujar Teuku Faizasyah, Selasa (24/5/2022).

 Baca juga: Panggil Dubes Inggris, Kemlu RI Ungkap Kekecewaan Atas Pengibaran Bendera LGBT

Ia menyebutkan pihaknya Kedubes Inggris untuk Indonesia akan menyampaikan sikap kecewa dari pemerintah Indonesia tersebut ke pemerintah Inggris di London.

Baca juga: Dubes Inggris Dipanggil Kemenlu Terkait Pengibaran Bendera LGBT, Ini Kata Ketua MUI

"Menanggapi hal ini, Duta Besar Inggris mencatat kekecewaan dan protes Pemerintah Indonesia dan akan menyampaikannya kepada Pemerintah Inggris di London," terang Teuku Faizasyah.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia sebelumnya mengunggah foto bendera pelangi yang merupakan simbol LGBT.

Tindakan tersebut disebutkan pihak Kedubes Inggris untuk Indonesia sebagai peringatan International Day Against Homophobia, Biphobia, and Transphobia (IDAHOBIT) pada 17 Mei 2022 lalu.

Pihak Kedubes Inggris menyampaikan pentingnya mengambil sikap untuk sebuah nilai yang dianggap benar sekalipun sikap tersebut tidak nyaman bagi pihak lainnya.

"Inggris akan memperjuangkan hak-hak LGBT dan mendukung pihak yang membela mereka. Kami ingin hidup di dunia yang bebas dari segala jenis diskriminasi," tulis Kedubes Inggris dalam unggahan akun instagram ukinindonesia pada 18 Mei 2022 lalu. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini