Share

Viral Orangutan yang Terancam Punah Merokok di Kebun Binatang, Tuai Kecaman Warganet

Susi Susanti, Okezone · Kamis 23 Juni 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 18 2617009 viral-orangutan-yang-terancam-punah-merokok-di-kebun-binatang-tuai-kecaman-warganet-uo1U4Pj2rQ.jpg Orangutan merokok di kebun binatang di Vietnam (Foto: CEN)

VIETNAM - Sebuah video menunjukkan orangutan terlihat mengisap rokok setelah rokok itu dibuang ke kandangnya di sebuah kebun binatang di Saigon, Vietnam.

Video orangutan jantan duduk di lantai dengan santai memegang rokok di antara jari-jarinya seperti manusia ditemukan di Saigon Zoo and Botanical Gardens di Ho Chi Minh City

Dia kemudian melihat kerumunan sebelum mengambil dua tarikan panjang pada rokok dan mematikannya dengan hati-hati di beberapa batu.

Baca juga:  Pemuda Ditarik Orangutan Minta Maaf Nekat Lompati Pagar Kebun Binatang demi Konten

Kera yang terancam punah, berasal dari Kalimantan, kemudian memeriksa pantatnya untuk memastikannya dikeluarkan dengan benar, meskipun pihak kebun binatang mengklaim bahwa orangutan itu tidak diberi rokok dan menemukannya setelah dibuang oleh pengunjung.

Baca juga: Viral Pemuda Ditarik Orangutan Akibat Bikin Konten, Pelaku Sengaja Lompati Pagar Pembatas

"Orang sering membuang barang-barang ke dalam kandang hewan dan orangutan belajar bagaimana menggunakan benda-benda ini dengan melihat bagaimana orang menggunakannya,” terang juru bicara yang tidak disebutkan namanya di media lokal.

Mereka juga menambahkan bahwa staf keamanan mereka tidak memiliki kapasitas untuk mengawasi semuanya sepanjang waktu dan ketika mereka mengetahui klip itu, mereka memastikan tidak ada lagi rokok di kandang dan lainnya.

Laporan berita lokal mengklaim bahwa ada banyak insiden pengunjung membuang sampah di kandang hewan meskipun ada pemberitahuan yang memperingatkan mereka untuk tidak melakukannya.

Para pecinta dan aktivis binatang merasa jijik dengan klip itu saat mereka mengunggahnya ke Twitter, mengutuk siapa pun yang membuang rokok itu.

"Makhluk malang mengunci dan meniru sifat manusia. Saya tidak menganggapnya lucu, hanya sedih dengan apa yang kami lakukan terhadap hewan yang jelas-jelas cerdas ini,” terang seorang warganet.

"Semua orang merokok di Saigon, saya kira seseorang menunjukkan kepada orangutan cara merokok. Saya pernah melihatnya melakukannya sebelumnya. Mengerikan,” ujarnya.

"Saya kira itu membuat manusia merasa lebih kuat, bahwa mereka telah membuat makhluk ini kecanduan zat berbahaya,” lanjutnya.

Berita itu muncul setelah para ilmuwan Skotlandia mengembangkan "media player monyet" untuk memberikan hiburan yang sangat dibutuhkan sekelompok hewan kebun binatang, dengan akses ke musik dan streaming film.

Para peneliti di University of Glasgow memberikan perangkat layar sentuh kepada sekelompok monyet di sebuah kebun binatang di Finlandia, sehingga mereka dapat mengakses media khusus monyet.

Sebuah komputer ditempatkan di dalam kandang selama 32 hari, memberikan monyet akses ke video cacing, akuarium, dan bentuk. Mereka juga bisa mendengarkan suara hujan, lalu lintas, atau musik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini