Share

Operasi Semut Atasi Penumpukan Sampah di Sirkuit Samota

edy gustan, Koran SI · Minggu 26 Juni 2022 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 340 2618357 operasi-semut-atasi-penumpukan-sampah-di-sirkuit-samota-JfkVDEn2Rr.jpg Sirkuit MXGP Samota (Foto: MNC Portal)

SUMBAWA BESAR - Pemerintah Kabupaten Sumbawa menyiapkan operasi semut di Sirkuit MXGP Samota. Operasi semut ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan sampah di Sirkuit Samota pascaacara puncak MXGP yang berlangsung hari ini.

Asisten 1 Setkab Sumbawa Lalu Suharmaji mengatakan telah mengerahkan 400 tenaga kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup serta relawan. Dia memperkirakan sebanyak 35 ton sampah per hari diangkut dari kawsan samota.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan 400 tong sampah, ratusan roda tiga pengangkut sampah, dan truk sampah di kawasan tersebut.

"Semua sudah kami antisipasi dengan gerakan operasi semut termasuk mengerahkan relawan dari berbagai pihak yang bertugas memungut sampah," ujar Lalu Suharmaji kepada wartawan Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Catat! Ini Rekayasa Lalu Lilin saat Ajang MXGP Samota

Dikatakan, seluruh sampah itu nantinya langsung diangkut ke tempat pembuangan akhir sehingga tidak menumpuk. Proses pengangkutan sampah ini dilakukan pada malam hari. Pemkab Sumbawa juga mengerahkan tim penyiram kawasan Samota sehingga tidak berdebu. Menyusul kondisi tanah di kawasan yang merupakan lahan jagung itu.

Acara puncak gelaran balapan bergengsi MXGP Samota berlangsung pada Minggu (26/6/2022). Pembukaan acara dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 Wita.

Baca juga: Dukung Motocross Grand Prix, KRI Makassar Disulap Jadi Hotel Terapung

Sejumlah menteri dan politisi pusat akan hadir pada kegiatan tersebut, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Diketahui ajang balapan MXGP Samota akan melibatkan 20 rider dari berbagai negara.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini