Share

Ragam Dugaan Penyebab Arca Dwarapala Peninggalan Singasari Bergeser Misterius

Avirista Midaada, Okezone · Minggu 03 Juli 2022 01:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 519 2622565 ragam-dugaan-penyebab-arca-dwarapala-peninggalan-singasari-bergeser-misterius-Y2W1YxRXw2.jpg Arca Dwarapala (Foto: Avirista M)

MALANG - Pergeseran posisi Arca Dwarapala peninggalan Kerajaan Singasari membuat Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur bertindak. Penggalian atau ekskavasi untuk mencari bentuk asli sari dua arca penjaga jalan menuju suatu tempat pun dilakukan.

Arkeolog BPCB Ismail Lutfi menyatakan, kedua arca baik sisi utara dan selatan memang tak lagi pada posisi aslinya. Bahkan di Arca Dwarapala sisi selatan, pernah terkubur tanah sedalam 90 sentimeter dari potret foto era Dinas Purbakala Hindia Belanda.

 BACA JUGA:Ekskavasi Arca Dwarapala, Ditemukan Kain Kafan Berisi Tulang Belulang dan Struktur Bangunan

Sedangkan di sisi utara, Arca Dwarapala menabrak bangunan struktur yang ada di bawahnya. Padahal, jika melihat secara teoritis hal tidak terjadi di arca - arca lainnya.

"Itu sudah nggak asli sekarang, tadi saya ceritakan di foto Belanda itu terbenam itu diangkat dan tidak ditempatkan di tempat yang sama agak maju dia. (Kalau Arca Dwarapala sisi utara) Hanya bergeser saja, nabrak struktur itu, harusnya nggak nabrak," ujar Lutfi kepada MNC Portal, Sabtu (2/7/2022).

BACA JUGA:Posisi Arca Dwarapala Peninggalan Kerajaan Singasari Bergeser, BPCB Lakukan Ekskavasi 

Pergeseran yang terjadi membuat posisi dua Arca Dwarapala ini dikatakan Lutfi tidak relevan lagi. Bahkan, kedua arca tersebut posisinya tampak aneh karena keduanya tidak simetris, padahal jika berhadapan atau berada pada posisi tak jauh biasanya posisinya simetris.

"Kemiringan sekarang tidak relevan karena memang posisinya tidak asli lagi, tapi umumnya Dwarapala kalau dia saling berhadapan ya sama sinkron, tapi kalau dia tidak sama ya begini kadang-kadang ada yang agak miring sedikit, tapi simetris, bisanya itu posisi gada di luar badan, di sisi di luar badan," ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pergeseran lokasi arca dari tempat asalnya. Salah satu teori dugaan yang muncul karena adanya bencana alam besar yang pernah menerjang kawasan sekitar arca, setelah dibangun.

"Sangat mungkin, tapi kita tidak tahu fenomena gempa yang mana, yang punya potensi sampai seperti itu. Karena foto Dwarapala yang tua ini sudah lebih dari satu abad yang lalu, jadi dia central di situ. Kalaupun terjadi bencana alam ya sebelum itu," ujarnya.

Faktor berikutnya yang muncul arca ini sengaja digeser letaknya oleh manusia. Menurut Lutfi, tak ada yang tidak mungkin pada proses pergeseran kedua arca besar ini, tapi hal itu tentu harus dibuktikan secara kajian ilmiah.

"Harus ada bukti bahwa dia memang harus di situ, di sana juga harus ada bukti, kalau ada di depan sana buktinya apa, itu yang kita cari dengan ekskavasi ini. Karena kalau orang zaman dulu saja bisa mendatangkan batu sebesar ke sini, masak orang modern tidak bisa menggeser ke sana," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini